Irwan Febri Rialdi
Taisei Marukawa merayakan gol bersama Ady Setiawan dan Alwi Slamat. (Dok. Persebaya)

Bolatimes.com - Pemain asing Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa, menjadi salah satu debutan terbaik yang tampil di Liga 1 2021-2022.

Pasalnya, pada penampilan pertamanya di Liga 1 2021-2022, Taisei Marukawa sukses menjadi pemain penting di skuad Persebaya Surabaya.

Hal itu dibuktikan dengan kontribusi besar Taisei Marukawa untuk Persebaya Surabaya dengan koleksi 16 gol dan 9 assist pada togal 30 penampilannya di Liga 1 2021-2022.

Baca Juga:
Lautaro Martinez Absen Perkuat Timnas Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Menurut pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, hal ini sangat mengejutkan lantaran Taisei Marukawa sempat ditolak sejumlah klub Liga 1 sebelum berlabuh ke Bajul Ijo.

Aji Santoso pun menjelaskan alasan mengapa ada banyak klub yang menolak pemain asal Jepang itu sebelum akhirnya bergabung ke Persebaya.

Akan tetapi, pelatih asal Malang, Jawa Timur, itu tak merinci secara spesifik soal klub-klub yang sempat menolak Marukawa.

Baca Juga:
Takut Ketinggalan Pesawat, Franco Morbidelli Tunggangi Motor Polisi di Mandalika

“Agennya menyampaikan kepada saya, sebelum ke Persebaya, banyak tim yang ditawari oleh agen. Tapi, tak ada satu pun yang mau dengan Marukawa,” kata Aji Santoso.

“Karena mungkin melihat dari posturnya tidak ideal. Di tim lamanya dia juga tidak 100 persen masuk line-up,” Aji menambahkan.

Aji mengatakan, Taisei Marukawa merupakan pemain yang paling moncer di musim ini bersama Persebaya Surabaya.

Baca Juga:
Elkan Baggott Dipanggil Tim Utama, Ipswich Town Nyaris Menang Lawan Oxford United

Bahkan, meski posisi aslinya bukan striker, tetapi Marukawa sukses masuk ke jajaran pencetak gol terbanyak Liga 1 2021-2022.

“Namun, dalam video itu, saya melihat bahwa Marukawa memiliki sesuatu yang bisa berkembang,” ujar Aji.

“Alhamdulillah, Marukawa bisa saya katakana menjadi salah satu bintang paling moncer pada musim ini. Dengan posisi dia yang bukan striker, tapi masuk jajaran top scorer. Ini luar biasa,” lanjutnya.

Baca Juga:
5 Anime Sepak Bola Terbaik, Ada Captain Tsubasa hingga Giant Killing

Dengan catatan 16 golnya di Liga 1 2021-2022, Marukawa menduduki jajaran lima besar pencetak gol terbanyak sementara musim ini.

Sementara itu, catatan assistnya yang berjumlah sembilan buah sukses menjadi pemuncak daftar pencetak assist di Liga 1 2021-2022.

Dengan catatan semacam itu, maka Marukawa layak menyabet status sebagai pemain asing debutan terbaik di musim ini.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More