Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U22, Indra Sjafri. (Dok. Zing.vn).

Bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menjadi sorotan media asing hanya karena sebuah game sepak bola, Football Manager. Kenapa?

Sebuah media asing bernama SportBible, menyoroti sosok Indra Sjafri karena dirinya diketahui membantu tetangganya yang bernama Sylvia bermain Football Manager.

Sebelumnya, sosok Sylvia menjadi perbincangan karena berhasil menuai prestasi saat bermain game Football Manager.

Baca Juga:
Bagas/Fikri Juara All England 2022, Ketum PBSI: Kita Punya Jagoan Baru

Sylvia diketahui hampir membawa Liverpool menjuarai Treble Winners yakni juara Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions di Football Manager.

Prestasi apik Sylvia pun mengundang perhatian Sportbible yang mewawancarai sosoknya. Wanita asal Yogyakarta ini menyebut dirinya diajari oleh Indra Sjafri.

Ia mengaku meminta Indra Sjafri untuk mengajarinya dalam mengelola tim di game Football Manager tersebut.

Baca Juga:
Presiden Arema FC Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Kasus Dugaan Penipuan

Permintaan itu lantas dipenuhi oleh mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu yang kemudian membantu Slyvia dalam memainkan game tersebut.

“Dia (Indra Sjafri) juga memberi saya nasehat. Dia berkata saya harus mencoba meningkatkan sistem tim muda, meningkatkan jumlah pencari bakat, dan mengembangkan fasilitas pemain muda,”ujar Sylvia kepada Sportbible.

Tak hanya memberikan tips dalam memainkan game Football Manajer itu, Indra Sjafri juga menunjukkan beberapa pemain muda Indonesia untuk direkrut oleh Slyvia.

Baca Juga:
Profil Ghyna Ridha, Penyanyi yang Sukses Bikin Marc Marquez Goyang

Indra Sjafri jadi sorotan media asing gara-gara game Football Manager. (Sportbible)

“Dia juga menunjukkan kepada saya beberapa pemain muda Indonesia yang harus saya rekrut. Saya ikuti sarannya dan melakukan apa yang ia katakan,” lanjut Sylvia.

Berkat saran tersebut, kini Sylvia pun tinggal menuai berkah dari game yang ia mainkan, yakni membawa Liverpool meraih Treble Winners.

Sportible juga menyebutkan, sejak saat itu Sylvia dan Indra Sjafri masih berteman baik. Keduanya bahkan juga mengadakan Q&A atau sesi tanya jawab di platform YouTube.

Baca Juga:
Momen Angie Ang Bikin Marc Marquez Tersipu saat Ucapkan I Love You

Hubungan dekat itu bahkan membuat Sylvia pernah menunjuk Indra Sjafri sebagai asisten pelatih untuk tim Atletico Madrid yang ia mainkan di Football Manager.

Lagi-lagi berkat bantuan Indra Sjafri, Sylvia berhasil membawa Atletico Madrid meraih titel Liga Champions di dalam game tersebut.

Sekilas soal Football Manager

Football Manager sendiri merupakan salah satu game bergenre sepak bola yang sangat diminati oleh banyak pecinta si kulit bundar.

Game ini sendiri dikembangkan oleh Sports Interactive dan dirilis oleh perusahaan game ternama, Sega sejak 1992 silam dengan nama awalnya adalah Championship Manager.

Game ini sendiri merupakan game simulasi, di mana pemainnya akan menjadi manajer sebuah tim sepak bola profesional.

Hebatnya, game ini membuat database seluruh pemain profesional dari berbagai belahan dunia, tak seperti FIFA atau PES yang hanya terbatas pada negara dan kompetisi tertentu saja.

Dalam game ini, pemainnya akan bertindak sebagai manajer yang memiliki tugas mengurus keuangan klub, pemain hingga hubungan dengan petinggi klub.

Selain itu, game ini juga membuat para pemainnya bisa mengenal bakat-bakat muda dari seluruh dunia serta belajar meramu taktik dan mengembangkan bakat muda.

Game ini cukup populer di kalangan pemain dan pelatih, salah satunya Ole Gunnar Solskjaer yang memainkan Football Manager untuk mengidentifikasi pemain muda dan meramu taktik saat masih menukangi Molde.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More