Irwan Febri Rialdi
PSS Sleman ketika mengalahkan Persiraja 4-1. (Dok. PSS)

Bolatimes.com - PSS Sleman menjadi salah satu kontestan Liga 1 2021/22 yang harus berjuang untuk terhindar dari degradasi.

Selain persaingan berebut gelar juara Liga 1, pertarungan tim-tim papan bawah juga tak kalah seru di sisa dua pertandingan musim ini.

Adapun, sudah satu tim yang dipastikan turun kasta ke Liga 2 musim depan yaitu Persiraja Banda Aceh. Hingga pekan ke-31, mereka baru mengumpulkan 13 poin dan terdampar di dasar klasemen.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Jadi Penentu Kemenangan FK Senica, Sang Kekasih Beri Tanda Cinta

Masih ada dua tim yang bakal mengisi slot degradasi ke Liga 2 musim depan. Dua posisi ini akan dihindari setidaknya oleh 4 tim.

Selain PSS, masih ada Persela Lamongan, Barito Putera, dan Persipura Jayapura yang masih harus berjuang keras untuk lepas dari jerat degradasi.

Khusus untuk PSS Sleman, klub berjuluk 'Elang Jawa' tersebut nyatanya tidak membaik setelah mengganti pelatih dari Dejan Antonic ke I Putu Gede.

Baca Juga:
9 Wakil Indonesia yang Lolos 16 Besar All England 2022, Jonatan Christie hingga Praveen/Melati

Penampilan mereka di sisa musim ini cenderung tak stabil sehingga baru mengoleksi 8 kemenangan, 9 kali imbang, dan menelan 14 kali kekalahan.

Kekalahan teranyar mereka dapatkan dari PSIS Semarang pada Rabu (16/3) dengan skor 0-1. Hasil ini bikin Irkham Mila dan kolega tertahan di posisi ke-14 dengan 33 poin.

PSS cuma unggul 4 poin dari Barito Putera yang duduk di peringkat ke-15, kemudian unggul 6 poin dari Persipura yang menghuni posisi ke-16 atau posisi zona merah.

Baca Juga:
All England 2022: Sempat COVID-19, Jonatan Christie Bersyukur Lalui Babak Pertama dengan Sehat

Sementara Persela yang ada di peringkat ke-17, berjarak 12 angka dari PSS Sleman sehingga tak bisa dimasukkan ke dalam tim yang berpotensi menggusur PSS.

Akan tetapi, ada skenario yang harus bisa dilakukan oleh PSS Sleman untuk lolos dari degradasi musim ini.

Syarat paling utama adalah mereka harus meraih kemenangan di dua pertandingan sisa Liga 1 2021/22. Kebetulan, dua lawan yang akan mereka hadapi sama-sama penghuni zona degradasi.

Baca Juga:
Link Live Streaming MotoGP Mandalika 2022, Yuk Nonton!

PSS bakal menghadapi Persipura pada Minggu (20/3) pukul 19.45 WIB. Kemenangan jelas akan membuat PSS langsung terhindar dari degradasi.

Pasalnya, tambahan tiga poin bakal membuat jarak antara PSS dengan Persipura menjadi 9 poin. Dengan sisa satu pertandingan, jarak ini tidak mungkin dikejar.

Hasil imbang melawan Persipura juga masih bisa menyelamatkan PSS dari degradasi karena perbedaan poin mereka akan menjadi 7 di sisa satu laga.

Jika PSS kalah dari Persipura, maka mereka harus menang saat menghadapi Persela di pekan terakhir Liga 1 2021/22. Hasil imbang melawan Persela juga masih bisa menyelamatkan PSS dari degradasi.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More