Rauhanda Riyantama
Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben (AFP)

Bolatimes.com - Melihat kembali lima penyerang top dunia yang pernah membobol gawang Timnas Indonesia di pertandingan resmi FIFA.

Menjelang FIFA Matchday, Timnas Indonesia sejatinya mencari calon lawan yang levelnya di atas. Beberapa negara sepak bola papan atas dunia seperti Kroasia pun sempat diajak untuk beruji tanding di FIFA Matchday nanti.

Selain Kroasia, Timnas Indonesia sempat disebut-sebut akan beruji tanding melawan Bosnia-Herzegovina, Suriname, dan juga Kazakhstan.

Baca Juga:
Mengenal Derby Corsica, Pertandingan Paling Mencekam di Liga Prancis

Namun semuanya sirna, karena pelatih Shin Tae-yong memutuskan Timnas Indonesia tidak mengikuti FIFA Matchday di bulan Maret ini. Penyebabnya karena ia sedang fokus TC Timnas U-19 dan U-23 di Korea Selatan.

Hal ini sejatinya bukan barang baru. Sebab di masa silam, Timnas Indonesia pernah berhadapan dengan negara yang lebih kuat dan bahkan merupakan finalis Piala Dunia.

Perbedaan level yang cukup jauh ini membuat gawang Timnas Indonesia pun kerap kebobolan oleh penyerang-penyerang top dunia yang membela negara-negara kuat tersebut.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Liga 1 2021: Bhayangkara FC Tersingkir dari Persaingan Juara usai Dikalahkan Persipura

Lantas, siapa saja penyerang top dunia yang pernah membobol gawang Timnas Indonesia?

1. Vincent Aboubakar (Kamerun)

Penyerang Timnas Kamerun, Vincent Aboubakar (kiri) meluapkan kegembiraan usai cetak gol tendangan penalti keduanya ke gawang Burkina Faso dalam laga pembukaan Piala Afrika 2021 di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (9/1/2022) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Thaier Al-Sudani)

Timnas Indonesia pernah beruji coba dengan Timnas Kamerun pada 25 Maret 2015 silam. Saat itu, skuat Merah Putih tumbang dengan skor 0-1.

Baca Juga:
Hasil Liga 1 2021: Tundukkan Bhayangkara FC, Persipura

Adapun gol tunggal Kamerun dicetak oleh  Vincent Aboubakar yang tak lain merupakan top skor Piala Afrika 2021 kemarin.

Vincent Aboubakar bahkan mampu mengalahkan nama-nama besar di Piala Afrika 2021 seperti Sadio Mane dan Mohamed Salah.

2. Siem de Jong (Belanda)

Baca Juga:
Skenario Persib Bandung Juara Liga 1 2021, Berharap Keajaiban

Pada 2013 lalu, finalis Piala Dunia 2010, Belanda, menjalani laga persahabatan melawan Timnas Indonesia di Gelora Bung Karno.

Dalam laga itu, Timnas Indonesia takluk dengan skor 0-3 dari Belanda, di mana dua gol di antaranya  dicetak oleh Siem de Jong.

Siam de Jong sendiri merupakan bomber kenamaan Belanda yang pernah membela Ajax Amsterdam dan Newcastle United.

3. Arjen Robben (Belanda)

Pemain Bayern Munchen, Arjen Robben bersama maskot Bayern Munchen setelah laga melawan FC Augsburg di Bundesliga Jerman (AFP)

Selain gol dari Siem de Jong, tiga gol yang masuk ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga Kurnia Meiga itu  juga datang dari kaki Arjen Robben.

Mantan winger Bayern Munich ini mampu melesakkan gol di menit ke-89 yang memastikan kemenangan Belanda atas Timnas Indonesia.

Dalam kariernya, Robben dikenal sebagai winger lincah dan juga cepat. Karena permainannya itu, ia mampu meraih beragam gelar bergengsi di level klub.

4. Edinson Cavani (Uruguay)

Pada Oktober 2010, Timnas Indonesia berhadapan dengan Uruguay dalam laga persahabatan yang masuk kalender FIFA Matchday.

Uruguay yang menorehkan tinta emas di Piala Dunia 2010 itu, membawa para pemain terbaiknya. Salah satunya adalah Edinson Cavani.

Cavani pun lantas mampu menyuguhkan kemampuannya mencetak gol, di mana ia mencetak Hattrick ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga Markus Horison.

5. Luis Suarez (Uruguay)

Luis Suarez/Twitter

Tak hanya Cavani, Luis Suarez pun tak mau ketinggalan untuk menunjukkan tajinya dalam mencetak gol di Gelora Bung Karno.

Dalam kemenangan 7-1 atas Timnas Indonesia itu, Suarez juga mencetak hattrick, di menit ke-43, 55 dan menit ke-70.

Usai berhadapan dengan Timnas Indonesia, Suarez menjalani kariernya yang melejit di mana ia membela Liverpool dan Barcelona, hingga kini berseragam Atletico Madrid.

Load More