Kamis, 07 Juli 2022
Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha : Rabu, 09 Maret 2022 | 07:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule meradang di hadapan wasit Liga 3 yang dinilai tak berintegritas menjalankan profesinya.

Iwan Bule menyoroti laga Liga 3 yang kerap diwarnai keputusan kontroversial dari wasit. Teranyar saat pertandingan Farmel FC dan Persikota Tangerang.

Saking kesalnya, dia mengancam akan mendatangkan wasit dari luar negeri andai wasit lokal tak bisa menunjukkan kinerja baik.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan pertemuan virtuasl dengan para wasit Liga 3, Selasa (8/3/2022).

"Saya merasa terganggu dengan adanya masalah keputusan-keputusan kontroversial yang dibuat oleh para wasit yang bertugas. Bisa jadi opsinya saya mencari wasit-wasit lain dari luar negeri," kata Iriawan seperti dimuat laman PSSI, Selasa (8/3/2022).

"Saya tidak ingin dicap ada permainan di dalam PSSI. Bisa berubah kalian? Saya berdarah-darah dan jatuh bangun membangun sepak bola yang sempat berhenti nyaris dua tahun."

"Saya mohon ini diperbaiki. Karena saya kecewa. Jadi maaf saya bicara keras. Bisa berubah atau tidak? Kalau tidak, tak usah jadi wasit, cari nafkah dan kerjaan lain. Ambil contoh Thoriq (Alkatiri), dia bisa menjadi contoh dan anutan bagi kalian," tuturnya.

Dia meminta wasit melihat lagi video rekaman pertandingan antara Farmel dan Persikota supaya bisa menyimpulkan keputusan yang dilakukan sudah benar atau tidak.

"Coba kalian lihat lagi video rekaman Farmel dan Persikota. Sekali lagi, kalian ditonton oleh ratusan juta pasang mata yang mencintai sepak bola Indonesia. Yang baik tingkatkan," ungkapnya.

"Ke depannya jangan ada salah lagi. Apa yang terjadi dengan para wasit-wasit terkait keputusan kontroversial dampaknya bukan ke kalian saja, tapi kami, PSSI. Saya, Waketum, dan Sekjen, Exco."

"Kalian para wasit harus punya integritas, memimpin dengan benar dan hati nurani jangan ada keberpihakan atau salah keputusan," pungkasnya.

Sebelumnya, keputusan wasit dalam pertandingan Farmel FC vs Persikota Tangerang di babak 16 besar Liga 3 menjadi bulan-bulanan.

Dalam laga yang dimenangi oleh Farmel dengan skor 0-3 itu ada keputusan wasit (Untung Santoso), asisten wasit pertama (Hidayat), dan asisten wasit kedua (Yulianto) menjadi kontroversial.

Keputusan wasit yang menyatakan on side 2-4 meter dianggap offside. Demikian juga yang bukan takling tapi diberikan penalti.

BACA SELANJUTNYA

Arema FC Antusias Sambut Rencana Bergulirnya Piala Indonesia 2022/2023