Senin, 08 Agustus 2022
Rauhanda Riyantama : Sabtu, 05 Maret 2022 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Melihat deretan penyerang gaek yang saat ini masih moncer di kancah Liga 1 2021. Siapa saja mereka?

Di sepak bola, usia pemain menjadi salah satu faktor suatu tim melakukan perekrutan pemain. Biasanya, setiap tim profesional mengedepankan para pemain muda dengan potensi besar yang bisa diasah.

Selain karena kondisi fisik yang masih prima, para pemain muda ini punya nilai jual yang bisa menyentuh angka fantastis jika tim yang memilikinya ingin menjualnya.

Meski demikian, beberapa tim juga masih ada yang tak memandang usia pemain dan merekrutnya karena kebutuhan tim itu sendiri.

Masih banyak tim-tim yang merekrut pemain berusia gaek atau tua entah baik karena kebutuhan tim maupun membutuhkan pengalaman sang pemain.

Terlebih di pentas Liga 1 2021-2022. Beberapa tim masih mempercayakan pemain yang berusia di atas 30 tahun atau bahkan berusia 40 tahun sebagai starter.

Striker Madura United, Beto Goncalves (tengah). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak]

Hadirnya para pemain gaek ini diyakini bisa membantu sebuah tim dengan pengalaman segudang yang mereka miliki dan membantu para pemain muda di tubuh tim tersebut.

Berbicara mengenai pemain gaek, di kancah BRI Liga 1 2021-2022 terdapat beberapa pemain yang makin tua justru makin jadi.

Tak tanggung-tanggung, para pemain gaek ini berposisi penyerang yang membutuhkan fisik kuat untuk melakukan adu fisik dengan bek lawan dan juga stamina mumpuni.

Kendati telah berusia tua, nyatanya para penyerang gaek ini masih rajin mencetak gol dan bahkan bersaing di daftar top skor sementara BRI Liga 1 2021-2022.

Lantas, siapa saja para penyerang gaek tersebut?

1. Ilija Spasojevic (Bali United)

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic (dok baliutd)

Nama Ilija Spasojevic dikenal sebagai salah satu penyerang tajam yang dimiliki Indonesia. Pemain naturalisasi asal Montenegro ini bahkan mampu bersaing di puncak top skor musim ini.

Pemain berusia 34 tahun tersebut tercatat telah melesakkan 19 gol dan duduk di puncak pencetak gol terbanyak sementara BRI Liga 1 2021-2022 dalam 28 laga.

Bahkan berkat golnya itu, Spasojevic berhasil membawa Bali United duduk di puncak klasemen. Dengan performanya yang belum menurun sama sekali, bukan tak mungkin dirinya bisa membuat Laskar Serdadu Tridatu menjadi juara di akhir musim.

2. Samsul Arif (Persebaya Surabaya)

Dari papan atas BRI Liga 2021-2022 saat ini, ada nama Samsul Arif yang berstatus bomber gaek yang tajam di musim ini.

Meski namanya tak masuk dalam lima pemain di daftar top skor sementara, peran pemain berusia 37 tahun ini dalam mencetak gol tak bisa diabaikan begitu saja.

Total delapan gol telah dicetaknya dalam 20 laga, di mana ia lebih sering turun sebagai Super Sub. Bahkan, tiga dari delapan gol itu dicetak Samsul Arif dalam satu laga, kala Persebaya menghadapi Tira Persikabo.

3. Beto Goncalves (Madura United)

Pemain gaek lainnya yang tetap subur di BRI Liga 1 2021-2022 adalah Beto Goncalves yang merupakan pemain Madura United.

Di usianya yang telah 41 tahun atau pemain tertua kedua di Liga 1 musim ini, Beto Goncalves tetap moncer saat berada di depan gawang.

Sejak bergabung Madura United di bursa transfer kedua pada Januari lalu, Beto Goncalves telah bermain sebanyak delapan kali dan mampu menorehkan empat gol atau rasio satu gol setiap dua pertandingan.

4. Aleksandar Rakic (Tira Persikabo)

Pemain PS Tira, Aleksandar Rakic dan Gustavo Lopez merayakan gol ke gawang Barito Putera di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (4/6/2018).

Dari Tira Persikabo ada nama Aleksandar Rakic yang telah mencetak delapan gol dari 23 pertandingan di BRI Liga 1 2021-2022 sejauh ini.

Torehan delapan gol itu dibuat Rakic bersama dua tim yakni Tira Persikabo dengan tiga gol dan Barito Putera dengan lima gol.

Jumlah tersebut terbilang baik bagi penyerang sekelasnya. Apalagi, usia pemain asal Serbia ini tak terhitung muda, yakni 35 tahun.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

BACA SELANJUTNYA

Klasemen Terbaru Liga 1 2022/2023, usai Persebaya Bungkam Persita