Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia selebrasi saat mencetak gol ke gawang Myanmar di laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Menilik keuntungan yang didapatkan Timnas Indonesia kendati masuk dalam grup A yang terbilang berat di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia harus menerima kenyataan pada Drawing Kualifikasi Piala Asia 2022 beberapa hari lalu. Pasalnya, tim Merah Putih masuk dalam grup yang tergolong berat, yakni grup A.

Di grup A, Timnas Indonesia akan bertemu Yordania, Kuwait dan Nepal. Dua nama pertama merupakan tim langganan Piala Asia.

Baca Juga:
Fans Timnas Indonesia Diminta Bersabar soal Naturalisasi Jordi Amat Cs

Bahkan, Kuwait merupakan mantan juara Piala Asia. Sedangkan Yordania merupakan mantan juara Pan Arab Games yang merupakan ajang olahraga untuk negara-negara Timur Tengah.

Di sisi lain, Nepal juga tak bisa diremehkan. Pasalnya, tim asal Asia Selatan ini mampu menembus babak final SAFF Championship pada 2021 lalu.

Dengan sepak terjang ketiga negara tersebut, Timnas Indonesia pun dibayangi dengan kegagalan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang.

Baca Juga:
Dikartu Kuning Wasit saat Lawan Persija, Pelatih Persib Anggap Pengalaman Menarik

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

Apalagi, tim yang akan lolos otomatis ke putaran final Piala Asia 2023 adalah tim yang berstatus juara grup dan juga lima Runner Up terbaik.

Dengan kata lain, Timnas Indonesia minimal harus menjadi Runner-up grup A dengan jumlah kemenangan dan selisih gol yang apik.

Meski rasa pesimis menyelimuti Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Asia 2023, nyatanya tim Merah Putih menjadi tim yang paling diuntungkan di grup A.

Baca Juga:
Gemma Rose Owen, Putri Legenda Liverpool yang Jadi Model Bikini

Lantas, apa keuntungan yang didapatkan Timnas Indonesia itu?

Tim Lawan Buta Kekuatan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bakal diuntungkan karena baik Yordania, Kuwait dan Nepal buta akan kekuatan yang dimiliki tim Merah Putih saat ini.

Baca Juga:
Bikin Tato Baru, Jim Croque Beri Sinyal Ingin Gabung Timnas Indonesia?

Memang benar bahwa Timnas Indonesia punya rekor pertemuan dengan tiga negara itu. Hanya saja, pertemuan terakhir tim Merah Putih melawan tiga negara tersebut terjadi pada 2014 silam, yakni kala berhadapan dengan Nepal.

Alhasil, ketiga negara itu pun tak paham betul dengan kekuatan Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong saat ini.

Di sisi lain, ketiga negara ini ternyata telah memahami kekuatan lawan-lawannya. Sebagai informasi, Yordania, Kuwait dan Nepal sering berhadapan.

Ketiga negara ini belum lama ini harus saling tikam dan menjajal kekuatan masing-masing saat tergabung di grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Ketiga negara ini tergabung di grup B bersama Australia dan Taiwan, di mana Kuwait berada di tempat kedua, Yordania tempat ketiga dan Nepal di tempat keempat.

Dengan kata lain, ketiga negara ini telah paham kekuatan masing-masing dan bisa melanjutkan aksi saling tikam di grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Aksi saling tikam ini bisa saja menguntungkan Timnas Indonesia yang tinggal fokus mengumpulkan poin demi poin guna menempati peringkat Runner Up atau bahkan menjadi juara grup.

(Kontributo: Felix Indra Jaya)

Load More