Husna Rahmayunita
Jordi Amat ketika berseragam Swansea City. (Ian MacNicol / AFP)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh serta Shayne Pattynama untuk Timnas Indonesia dipastikan berlanjut setelah Kemenpora memberikan persetujuan.

Tiga pemain keturunan tersebut diharapkan segera bisa bergabung dengan Timnas Indonesia untuk menatap kejuaraan selanjutnya.

Apalagi, gembar-gembor naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah mengemuka sejak lama. Keduanya pun siap menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Baca Juga:
Dikartu Kuning Wasit saat Lawan Persija, Pelatih Persib Anggap Pengalaman Menarik

Teranyar dikabarkan, dokumen pindah warga negara calon pemain naturalisasi sudah lengkap dan akan diproses oleh Kementerain Olahraga.

Hal itu dikonfirmasi oleh tenaga ahli yang juga merupakan mantan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto di Instagram, Selasa (1/3/2022).

"Alhamdulilllah, terima kasih PSSI, karena siang tadi telah memenuhi janjinya untuk mengirimkan data lengkap tentang calon-calon pemain yg akan dinaturalisasi kepada Kemenpora," tulis Gatot.

Baca Juga:
Gemma Rose Owen, Putri Legenda Liverpool yang Jadi Model Bikini

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga memastikan dokumen Jordi Amat Cs segera masuk ke Kemenpora.

Menurut Gatot, saat ini Kemenpora akan menindaklanjuti dokumen naturalisasi ketiga calon pemain Timnas Indonesia.

Tetapi lantaran prosesnya memerlukan waktu untuk ke tahap berikutnya, ia pun meminta fans Skuad Garuda bersabar.

Baca Juga:
Bikin Tato Baru, Jim Croque Beri Sinyal Ingin Gabung Timnas Indonesia?

"Sejak beberapa hari lalu, Pak Menpora sudah memastkan bahwa Selasa ini dokumen pasti masuk ke Kemenpora, dan pernyataan Pak Menpora tsb sudah terbukti benar. Tinggal proses lanjut. Mohon sabar dulu," imbuhnya.

Sebelumnya, Jordi Amat, Sandy Walsh merupakan pemain yang direkomendasikan Shin Tae-yong. Sementara itu, Shayne Pattynama mengajukan diri membela Timnas Indonesia.

PSSI dan Kemenpora mendukung usulan Shin Tae-yong untuk naturalisasi lantaran menilai ketiga pemain cukup menyakinkan.

Baca Juga:
Sesumbar Bakal Naturalisasi Kiper Republik Ceko, Media Vietnam Sindir Indonesia

Meski begitu, belum ada kepastian proses naturalisasi kapan rampung. Banyak yang berharap bisa selesai sebelum Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

Load More