Rauhanda Riyantama
Darren Sidoel. [@darren.sidoel /Instagram]

Bolatimes.com - Sejumlah pesepak bola yang kini berkarier di luar negeri ternyata memiliki garis keturunan Jawa dan berpeluang memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Garis keturunan Jawa yang dimiliki pemain-pemain ini bisa menjadi salah satu syarat administratif untuk mendapatkan status sebagai WNI demi memperkuat timnas Indonesia.

Setidaknya, ada lima pesepak bola keturunan Jawa yang kini tengah berkarier di luar negeri. Pemain-pemain ini masih memiliki peluang untuk tampil di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Rans Cilegon FC Siap Perkenalkan Pemain Top Dunia, Raffi Ahmad Janji Umumkan Besok

Berikut lima pemain sepak bola Indonesia keturunan Jawa yang berkarier di luar negeri dan memiliki peluang memperkuat timnas Indonesia.

1. Sandy Walsh

Sandy Walsh membantu KV Mechelen menang dramatis di Liga Belgia. (Instagram/@sandywalsh)

Sandy Walsh merupakan salah satu nama pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa yang saat ini tengah menunggu proses mendapatkan status WNI.

Baca Juga:
Video Rodri Sentuh Bola di Kota Penalti tapi Tak Handball, Man City pun Menang

Pemain yang berkarier untuk KV Mechelen di Liga Belgia itu saat ini tinggal menantikan proses administrasi untuk memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kabarnya, garis keturunan Jawa yang dimiliki oleh Sandy Walsh berasal dari ibunya yang bernama Brigitta Portier. Ibunya mendapatkan garis itu dari kakek-neneknya.

2. Jim Croque

Baca Juga:
Deretan Pemain Bintang Yordania yang Berpotensi Sulitkan Timnas Indonesia

Striker keturunan Indonesia, Jim Croque. (Instagram/vitesseacademie)

Pesepak bola muda yang saat ini berkarier bersama tim muda Vitesse, Jim Croque, juga dikabarkan memiliki keturunan Jawa. Garis itu didapat dari ayahnya.

Belum lama ini, penyerang berusia 17 tahun tersebut dinobatkan sebagai Talent of The Month akademi Vitesse berkat performa gemilangnya.

Sebelumnya, Jim pernah menyatakan ketertarikannya untuk memperkuat timnas Indonesia apabila mendapat undangan dari PSSI.

Baca Juga:
Egy Maulana dan Witan Sulaeman Duet, FK Senica Petik Kemenangan di Liga Slovakia

Hal itu diungkapkan pemain kelahiran 5 Juli 2004 itu ketika menjalani sesi wawancara di kanal YouTube miliki Yussa Nugraha.

3. Darren Sidoel

Darren Sidoel. (Instagram/@darren.sidoel).

Darren Sidoel merupakan pemain sepak bola kelahiran Den Haag, Belanda. Saat ini, dia tengah meniti kariernya di Liga India bersama SC East Bengal.

Sepanjang kariernya, gelandang berusia 23 tahun ini telah melalang buana bersama sejumlah klub Eropa.

Setidaknya, dia pernah berkarier di Belanda, Inggris, Belgia, Spanyol, hingga Bulgaria. India menjadi pelabuhan terbarunya.

Pemain alumnus akademi Ajax Amsterdam ini kabarnya memiliki keturunan Jawa dari ayahnya. Meskipun demikian, Sidoel saat ini berstatus sebagai warga negara Belanda.

Ketika berusia muda, Sidoel juga pernah menjadi bagian dari tim nasional Belanda, mulai dari U-15, U-16, U-17, hingga U-18.

4. Ivan Jenner

Dari ayah kandungnya, pemain muda yang saat ini menimba ilmu bersama FC Utrecht U-16, Ivan Jenner, mendapatkan garis keturunan Jawa.

Tak hanya itu, Ivan Jenner sempat menegaskan bahwa kewarganegaraan utamanya adalah Indonesia. Hal itu tampak dari bendera merah putih yang tercantum dalam profil akun Instagram-nya.

Saat ini, Ivan masih menimba ilmu bersama akademi klub asal Belanda, FC Utrecht, dan mulai dekat dengan pesepak bola muda Indonesia yang juga meniti karier di sana, Amiruddin Bagus Kahfi.

5. Robin Soeradhiningrat

Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman. (Twitter/@FT_IDN)

Sekilas, nama Robin Soeradhiningrat jelas memiliki nuansa Jawa. Saat ini, Robin tengah berkompetisi di Divisi 5 Liga Jerman.

Menariknya, Transfermarkt menyebut bahwa pemain yang tercatat lahir pada 28 Desember 2001 ini memiliki kewarganegaraan Jerman dan Vietnam.

Namun, sebetulnya Robin lahir dari kedua orang tua warga negara Indonesia (WNI) yang kini telah menetap di Jerman. Bisa jadi, status Robin di Transfermarkt itu diragukan kebenarannya.

Pesepak bola berusia 20 tahun ini posisi bermainnya ialah sebagai penjaga gawang. Saat ini, dia berstatus sebagai pemain FC Germania Egestorf/Langreder.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More