Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia Sandy Walsh dan Jordi Amat. [Instagram/hasaniabdulghani]

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh diragukan bisa memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baik Jordi Amat maupun Sandy Walsh disebut sudah tak sabatrmembela Timnas Indonesia. Keduanya pun ikut menyimak hasil drawing Kualifikasi Piala Asia 2022, Kamis (24/2/2022).

Tetapi, pemain berdarah Belanda dan Spanyol tersebut belum bisa dijamin menjadi bagian skuad Garuda untuk Kualifikasi Piala Asia yang dijadwalkan berlangsung pada Juni 2022.

Baca Juga:
Pratama Arhan Berambisi Jadi Pemain Terbaik Asia usai Gabung Klub Jepang

Hal itu diungkap tenaga ahli yang juga merupakan mantan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto.

"Saya tidak yakin di Kualifikasi Piala Asia bulan Juni 2022 [proses naturalisasi pemain keturunan] keburu," tulis Gatot ketika menjawab pertanyaan warganet.

"Pokoknya kami tetap prosedural, tidak ada kok yang mempersulit. PSSI juga sudah kerja keras untuk meneliti," tambahnya.

Baca Juga:
Rusia Invasi Ukraina, Tim Bulu Tangkis Indonesia Batal Ikut Turnamen

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengakui bahwa proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh terhambat. Hal itu karena PSSI belum memenuhi persayaratan yang diminta.

Peralihan kewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah berjalan cukup jauh. Namun ternyata, proses kedua pemain itu tak semudah membalikkan telapak tangan.

"Masih menunggu administrasi lengkap, administrasi harus disiapkan PSSI kami menunggu saja. Kita sudah rapatkan dan sudah didorong ke kementerian terkait ke Kemensesneg juga," kata Amali dilansir dari laman resmi Kemenpora.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Nepal, Tim Garuda Menang Sekali

"Biasanya di Kemenkumham yang sedikit lama karena mereka lebih detail dan teliti," ungkapnya.

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, ada Shayne Pattynama yang juga menyatakan tertarik gabung Timnas Indonesia. Masih ada satu slot untuk pemain keturunan dinaturalisasi.

Tetapi PSSI kabarnya tengah fokus mengurus proses naturalisasi tiga pemain keturunan tersebut, demikian dimuat Suara.com.

Baca Juga:
Siap Tempur Lawan Thailand, Vietnam Bakal Cetak Sejarah di Piala AFF U-23?

(Arief Apriadi)

Load More