Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Shayne Pattynama. (Instagram/s.pattynama)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi untuk Timnas Indonesia berlanjut diproses. PSSI kini fokus mengurus naturalisasi tiga pemain yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Shayne Pattynama merupakan nama baru yang dinaturalisasi, setelah pemain klub Norwegia Viking FK tersebut mengungkap ketertarikan membela Timnas Indonesia.

Adapun untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh, proses naturalisasinya lebih dahulu diproses. Dokumen pindah kewarganegaraan dua pemain keturunan tersebut telah dikrim ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga:
Berat Hati Terima Keputusan Wasit Indonesia, Pelatih Laos: Hadiah untuk Thailand

Sempat mencuat kabar, jika naturalisasi Jordi Amat terkendala karena pernah membela Timnas Spanyol U-21. Teranyar, urusan tersebut dilaporkan sudah kelar.

Untuk Shayne Pattynama, berkasnya akan segera diserahkan ke Kemenpora untuk ditindaklanjuti.

"Kemarin kami rapat sama STY (Shin Tae-yong), coach Indra (Sjafri), dan tim legal PSSI, ini dimasukin tiga dulu, kan yang kemarin ditunda Jordi Amat, sudah selesai," kata Exco PSSI, Hasani Abdulghani saat dihubungi awak media.

Baca Juga:
Alasan Marselino Ferdinan Tertarik Main di Liga Jepang Ketimbang Korea Selatan

Hasani mengaku percaya dengan orang yang membantu bahwa Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesi meski pernah berbaju Spanyol di kelompok umur.

Namun, untuk proses pemain keturunan lain masih belum bisa dilanjutkan. Pasalnya, orang yang dimaksud Hasani berasal dari Italia dan punya tunangan dari Ukraina.

Seperti diketahui belakangan ini konflik antra Ukraina dan Rusia tengah memanas. Bahkan, Rusia sudah melancarkan invasi.

Baca Juga:
Didukung Marukawa Susul Pratama Arhan ke Jepang, Marselino Ferdinan Jawab Singkat

"Saya percaya pengacara ini (terkait masalah Jordi Amat), dia sudah banyak menangani pemain bagus di Eropa," Hasani menjelaskan.

"Nah, jadi ini agak personal nih, teman saya agen yang saya minta bantu di Italia, itu tunangannya orang Ukraina, lagi di Ukraina, kan ada masalah. Jadi, saya gak mau ganggu dulu lah, mudah-mudahan pekan-pekan depan, akan dilanjut semoga tak masalah,” pungkasnya.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top Dunia asal Rusia, Andrey Arshavin Idola Fans Arsenal

Load More