Husna Rahmayunita
Pelatih Laos, Michael Weiss. (YouTube/LAO FOOTBALL FEDERATION OFFICIAL)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Laos U-23, Michael Weiss menuai perhatian karena pernyatannya yang memprotes wasit saat laga kontra Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2022.

Pada laga yang digelar Kamis (24/2/2022), Laos kalah 0-2 dari Thailand. Menurut Weiss, wasit memberikan keputusan janggal.

Ia menyoroti dua keputusan Yudi Nurcahya, wasit asal Indonesia yang didapuk menjadi pengadil utama lapangan.

Baca Juga:
Alasan Marselino Ferdinan Tertarik Main di Liga Jepang Ketimbang Korea Selatan

Disebutkan, Yudi memberikan penalti pada menit ke-51 yang membuat Thailand unggul 2-0. Sedangkan, Laos tak diberikan penalti beberapa menit kemudian ketika ada pelanggaran.

Ini yang kemudian membuat Weiss merasa timnya telah dirugikan. Menurutnya, andai Laos diberikan penalti, maka timnya berpeluang untuk menyamakan kedudukan.

"Saya tidak mengerti mengapa wasit membuat keputusan seperti itu. Situasi di mana pemain Thailand jatuh di area penalti di awal babak kedua tidak sensitif, itu jelas bukan pelanggaran bek Laos," ujar Weiss seperti dikutip dari Zingnews, Sabtu (26/2).

Baca Juga:
Didukung Marukawa Susul Pratama Arhan ke Jepang, Marselino Ferdinan Jawab Singkat

"Pemain Thailand ilangsung berlari ke arah gawang. Pemain itu lalu terjatuh, sama sekali tanpa benturan apapun dari bek Laos. Wasit benar-benar bermasalah," imbuhnya.

Kendati begitu, ia enggan untuk mengulik lebih jauh kejanggalan di balik kekalahan Laos ini. Meski sempat protes, ia legowo Thailand menang.

Juru taktik asal Jerman itu menyadari timnya juga memiliki kekurangan. Baginya, keputusan wasit yang dinilai bermasalah bak menjadi hadiah bagi Thailand hingga berhasil lolos ke final.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top Dunia asal Rusia, Andrey Arshavin Idola Fans Arsenal

"Kesalahan penjaga gawang dan keputusan wasit adalah dua hadiah untuk Thailand," ungkapnya.

"Kasus Covid-19 juga membuat Laos U-23 tidak mendapatkan servis dari beberapa pemain bagus. Pokoknya, selamat untuk Thailand. Semoga mereka beruntung di final," pungkas Weiss.

Adapun Thailand akan menghadapi Vietnam di final Piala AFF U-23 2022. Pertandingan dijadwalkan berlangsung Sabtu (26/2).

Baca Juga:
Perbandingan Liga Rusia vs Liga Ukraina, Lebih Bagus Mana?

Load More