Rauhanda Riyantama
Penampilan Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners. (Twitter/@KLeagueUnited)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri alias abroad akan dibahas di artikel ini. Namun, spesifikasinya lebih kepada pemain yang punya nilai pasar termahal.

Beberapa tahun belakangan, para pemain Indonesia memutuskan untuk berkarier di luar negeri. Terbukanya kesempatan untuk bisa mengembagkan skill dan mental jadi salah satu alasan.

Saat berkarier di luar negeri, secara otomatis, nilai pasar mereka meningkat. Simak ulasan Bolatimes di bawah ini yang akan membahas 5 pemain abroad yang punya nilai pasar tinggi, yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Kronologi Aubameyang Disahkan Cetak Hattrick saat Barcelona Hajar Valencia 4-1

1. Asnawi Mangkualam

Asnawi menjadi pemain Indonesia dengan nilai pasar tertinggi. Usai memperkuat klub Liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners, nilainya meroket menjadi 375 ribu euro atau setara Rp 6 miliar.

2. Pratama Arhan

Baca Juga:
Sempat Dipermalukan, Malaysia Pede Tumbangkan Laos di Piala AFF U-23 2022

Aksi Pratama Arhan saat Timnas Indonesia mengalahkan Singapura 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Nilai pasar Pratama Arhan mendadak melonjak saat resmi direkrut Tokyo Verdy. Merujuk laman transfermarkt, Arhan ada di angka 325 ribu euro atau setara Rp 5,2 miliar.

3. Saddil Ramdani

Saddil tengah menjalani musim ketiganya di Malaysia. Eks Persela dan Bhayangkara ini punya nilai pasar 250 ribu euro atau dirupiahkan setara Rp 4 miliar.

Baca Juga:
Hasil Liga Jerman: Marco Reus On Fire, Dortmund Hajar Moenchengladbach 6-0

4. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri perpanjang kontrak dengan Klub Slovakia FK Senica, FK Senica. (Instgram/egymaulanavikri)

Karier mentereng Egy di luar negeri membuat nilai pasarnya melambung. Usai bergabung dengan FK Senica, pemain Timnas Indonesia itu punya nilai pasar 175 ribu euro alias Rp 2,8 miliar.

5. Witan Sulaeman

Baca Juga:
Khawatir, Coach Justin Berharap Pratama Arhan Tak Cuma Jadi Cadangan di Tokyo Verdy

Witan menyusul Egy ke Eropa. Pemain Palu ini datang sebagai pemain pinjaman ke Senica dari Lechia Gdansk dengan nilai pasar 25 ribu euro atau setara Rp 400 juta.

(Kontributor: Kusuma Alan) 

Load More