Rauhanda Riyantama
Pemain PSIS Semarang Pratama Arhan tanda tangan kontra dengan Tokyo Verdy ditemani oleh agennya Dusan Buganovic. (Instagram)

Bolatimes.com - Dusan Bogdanovic menjadi salah satu sosok di balik layar yang paling berjasa mewujudkan impian Pratama Arhan bermain di luar negeri.

Sebagai agen yang menangani Arhan, Dusan sukses merampungkan transfer sang klien dari PSIS Semarang ke klub Jepang, Tokyo Verdy.

Dalam kesepakatan yang dicapai, Arhan dilepas secara gratis dengan durasi kontrak selama 2 tahun oleh tim yang bermarkas di ibu kota Jepang tersebut.

Baca Juga:
Profil Christian Adinata, Calon Bintang Baru Bulu Tangkis Indonesia

Ini bukan kali pertama Dusan Bogdanovic sukses mengantarkan anak-anak muda Indonesia mengejar mimpinya bermain bola di luar Tanah Air.

Kali pertama Dusan mengantarkan Egy Maulana Vikri bergabung dengan klub asal Polandia, Lechia Gdansk, dan disusul Witan Sulaeman yang kini satu tim dengan Egy di FK Senica.

Bogdanovic sendiri ternyata bukan agen biasa, dia punya latar belakang cukup mumpuni untuk membawa pemain berkembang di luar negeri. Lantas, siapa sebetulnya Dusan Bogdanovic ini? Berikut ringkasan profilnya.

Baca Juga:
Mundur dari Piala AFF U-23, Ini Keuntungan yang Didapat Timnas Indonesia

Profil Dusan Bogdanovic

Pria dengan tinggi 189 cm ini merupakan kelahiran Serbia pada 15 Juli 1979. Ternyata, dia merupakan mantan pesepak bola yang dulu berposisi sebagai bek tengah.

Dalam catatan yang ada di Transfermarkt, Dusan sempat bermain di beberapa klub di Eropa. Seperti tim asal Serbia, Big Bull.

Baca Juga:
4 Pemain Muda yang Berpotensi Susul Pratama Arhan ke Luar Negeri

Dia lalu pindah ke klub asal Austria, Eisenstadt pada Juli 2005. Hanya satu musim di sana, Dusan Bogdanovic kemudian hengkang ke klub asal Slovakia, NK Nafta.

Dari latar belakang ini saja, sudah bisa dimengerti mengapa Egy Maulana Vikri kini bisa bermain di Liga Slovakia bersama FK Senica.

Dusan sempat pindah ke Ivancna Gorica, namun satu musim berselang dia kembali pulang ke NK Nafta 1903.

Baca Juga:
Hanya Kalah Sekali Sepanjang Musim, Arema FC Jadi Sorotan Media Asing

Setelah lama bermain di Eropa, Dusan Bogdanovic tercatat pernah berkarier di Indonesia. Tepatnya dia menjadi bagian dari tim Persikota Tangerang pada Liga Premier Indonesia 2010 lalu.

Setelah pensiun sebagai pesepak bola, Dusan Bogdanovic tidak terjun ke dunia kepelatihan. Sebaliknya, dia memilih jalur agen pemain untuk membantu para pemain muda.

Untuk menjadi seorang agen yang profesional, Dusan Bogdanovic pernah mengikuti kursus di Sports Business Institute Barcelona untuk mengembangkan kariernya sebagai agen pemain profesional.

Selain bergelut di dunia olahraga, Dusan Bogdanovic juga diketahui memiliki gelar pendidikan formal. Dia memiliki gelar sarjana Manajemen Bisnis di University of Queensland.

Selain Witan, Egy, dan terbaru Pratama Arhan, Dusan Bogdanovic juga merupakan agen dari bek muda PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More