Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 dalam waktu dekat akan kembali beraksi saat mengikuti ajang Piala AFF U-23. Jelang dimulainya ajang ini, berikut 5 penggawa skuat Garuda Muda yang berstatus pemain termahal.

Timnas Indonesia U-23 arahan Shin Tae-yong akan unjuk gigi di Piala AFF U-23 yang berlangsung di Kamboja dari tanggal 14 hingga 26 Februari 2022.

Skuat Garuda Muda sendiri tergabung di grup yang di atas kertas terbilang muda, yakni di grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos.

Baca Juga:
Cek Fakta: Benarkah Pratama Arhan Diminati Klub Serie A Italia Lazio?

Dengan format hanya juara grup dan satu Runner Up terbaik yang akan lolos ke babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 pun dijagokan untuk lolos dari grup B.

Prediksi ini muncul ketika melihat materi pemain Timnas Indonesia U-23 arahan Shin Tae-yong, di mana beberapa nama yang ada merupakan jebolan dan andalan di Piala AFF 2020.

Sebagai contoh, ada nama Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Hanis Saghara, dan Rachmat Irianto.

Baca Juga:
Profil Anthony Elanga, Pemain Manchester United yang Gagal Eksekusi Penalti

Dengan komposisi pemain gabungan Timnas senior dan para pemain muda tersebut, Timnas Indonesia diyakini bisa keluar sebagai juara grup B dan bahkan menjadi juara Piala AFF U-23.

Berbicara soal komposisi pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23, sederet pemain ternyata memiliki nilai pasar yang terbilang mahal.

Kira-kira, siapa saja penggawa Timnas Indonesia U-23 saat ini yang punya nilai pasar termahal? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Nasib Buruk Pemain Muda Turki Dipecat karena Pakai Jersey Klub Lain

5. Alfeandra Dewangga

Bek Timnas Indonesia, Alfreanda Dewangga. (Instagram/alfeandradewangga)

Bek milik PSIS Semarang yang baru berusia 20 tahun ini memiliki nilai pasar cukup mahal untuk kategori pemain muda Indonesia. Diketahui, Alfeandra Dewangga memiliki nilai pasar sebesar 250 ribu euro (Rp4,1 miliar).

Tingginya nilai pasar Alfeandra Dewangga tak lepas dari performa impresifnya baik di level klub dan Timnas Indonesia, di mana ia selalu menjadi pilihan utama di lini belakang.

Baca Juga:
Skuad Timnas Indonesia U-23 Divaksin Booster Jelang Piala AFF U-23 2022

4. Muhammad Riyandi

Kiper Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Riyandi.

Muhammad Riyandi menjadi satu-satunya pemain yang berposisi kiper di daftar ini. Diketahui, nilai pasarnya sama dengan Alfeandra Dewangga yakni Rp4,1 miliar.

Sama seperti Dewangga, kiper berusia 22 tahun ini juga selalu tampil reguler di level klub, di mana ia membela Barito Putera. Selain itu, pamornya menanjak setelah menjadi bagian skuat Garuda di Piala AFF 2020 lalu.

3. Rizky Ridho

Rizky Ridho. (Dok. PSSI)

Masih dari posisi bek ada nama Rizky Ridho yang punya nilai pasar sedikit lebih mahal di atas Alfeandra Dewangga dan Muhammad Riyandi, yakni di angka 275 ribu euro (Rp4,5 miliar).

Tingginya nilai pasar Rizky Ridho tak lepas dari potensi yang dimilikinya. Di usia yang baru 20 tahun, ia mampu menjelma sebagai palang pintu Timnas Indonesia dan juga Persebaya Surabaya.

2. Rachmat Irianto

Pemain timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Chanathip Songkrasin pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022.Roslan RAHMAN / AFP.

Bergeser ke posisi gelandang, ada nama Rachmat Irianto yang memiliki nilai pasar tertinggi kedua di Timnas Indonesia U-23. Diketahui, nilai pasarnya berada di angka Rp4,9 miliar.

Nilai pasar yang cukup tinggi dari anak Bejo Sugiantoro ini juga tak lepas dari performa impresifnya baik di Persebaya dan Timnas Indonesia. Sebagai catatan, Rachmat Irianto menjadi salah satu pemain yang tak tergantikan di bawah arahan Shin Tae-yong.

1. Pratama Arhan

Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) melakukan selebrasi dengan rekannya Witan Sulaeman usai menjebol gawang Timnas Malaysia dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021). ANTARA FOTO/Humas PSSI/app/aww.

Untuk posisi pertama pemain Timnas Indonesia U-23 dengan nilai pasar termahal dipegang oleh Pratama Arhan dengan nilai 325 ribu euro atau Rp5,3 miliar.

Nilai pasar ini terkesan murah untuk pemain dengan kualitas sepertinya. Di usia 20 tahun, Pratama Arhan mampu mencuri perhatian berkat penampilan impresifnya di Piala AFF 2020 lalu sehingga dirinya didapuk menjadi pemain muda terbaik.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More