Rauhanda Riyantama
Aksi Bagus Kahfi saat Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, sudah memanggil 29 nama untuk menjalani pemusatan latihan. Kegiatan ini ditempuh untuk mempersiapkan para pemain untuk menyongsong Piala AFF U-23.

Namun demikian, Shin justru tak melirik beberapa nama potensial untuk masuk dalam skuatnya. Jika melihat jam terbang, mereka-mereka ini punya jam terbang yang cukup di klub.

1. Ernando Ari

Baca Juga:
Link Live Streaming Tira Persikabo Vs Bali United, Kick Off 20.30 WIB

Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Dok. PSSI)

Tak ada nama Ernando Ari di pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23. Padahal penggawa Persebaya ini adalah langganan penjaga gawang Timnas Indonesia.

Kemampuan Ernando sudah terasah di kelas tim nasional. Ia sudah mengawal jala Garuda sejak U-16, U-19, U-23, dan Senior.

2. Alfriyanto Nico

Baca Juga:
Panas, Indonesia Bisa Segrup dengan Singapura di Kualifikasi Piala Asia

Nico adalah salah satu pemain muda potensial yang dimiliki Persija Jakarta. Di usianya yang masih 18 tahun, ia sudah bermain 17 pertandingan.

Performa Nico cukup stabil. Bahkan, dalam beberapa kali kesempatan, pemain kelahiran Surakarta ini sempat menggeser Osvaldo Haay di pos sayap.

3. Firza Andika

Baca Juga:
Malaysia Menanti Pemain dari Amerika Serikat untuk Piala AFF U-23 2022

Bek kiri Timnas Indonesia U-22, Firza Andika. (Dok. PSSI).

Sejak ditangani Shin Tae-yong, bek kiri selalu dihuni Pratama Arhan. Sayang, Shin tak melihat bakat yang dimiliki Firza Andika.

Firzha bisa dibilang bek kiri yang bisa diandalkan. Kemampuan mengirim umpan silang dan jago dalam mencetak gol saat situasi deadlock adalah dua faktor Firza kudu dibawa.

4. Rifad Marasabessy

Baca Juga:
Asisten Shin Tae-yong Ungkap Kemungkinan Coret Pemain Jelang Piala AFF U-23

Bek kanan Timnas Indonesia sepertinya akan jadi milik Asnawi Mangkualam Bahar. Terbukti, beberapa pemain yang punya pos serupa banyak yang gigit jari.

Salah satunya Rifad. Padahal, bek kanan Borneo FC ini adalah pilihan utama di kelompok umur 19 tahun saat Indra Sjafri menjadi juru latih.

5. Bagus Kahfi

Aksi Bagus Kahfi saat Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB. (Dok. PSSI)

Satu yang paling disayangkan adalah ketiadaan Bagus Kahfi. Padahal, Shin kerap bilang butuh bomber haus gol di lini depan.

Tapi, apa boleh bikin, Bagus kudu menerima kenyataan. Padahal, jejak rekam eks pemain Timnas U-16 dan U-19 ini adalah mencetak 16 gol dari 15 laga.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More