Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Kiper keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (Instagram/@cmargono)

Bolatimes.com - Sosok Cyrus Margono ramai diperbincangkan selepas disebut melempar sinyal gabung Timnas Indonesia. PSSI pun buka suara.

Menurut Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani hingga kekinian belum ada pembicaraan dari Shin Tae-yong terkait Cyrus Margono.

"Sampai saat ini belum ada permintaan dari Shin Tae-yong untuk Cryus Margono," ucap Hasani saat dihubungi oleh awak media, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga:
Staf Pelatih Timnas Indonesia Yoo Jae-hoon Mengaku Betah Tinggal di Papua

Kabar Cyrus Margono dikaitkan dengan Timnas Indonesia muncul selepas kiper Panathinaikos B berkunjung ke KBRI di Yunani.

Cyrus Margono punya darah Indonesia dari ayahnya, sementara ibunya berasal dari Iran. Kiper berusia 20 tahun itu lahir di New York dan berpaspor Amerika Serikat.

Cyrus tidak perlu menempuh jalur naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia karena memiliki darah keturunan langsung. Ia hanya perlu memilih kewarganegaraan seperti Elkan Baggott.

Baca Juga:
Perdana, FIFA Akan Gunakan Wasit Robot di Piala Dunia Antarklub 2021

Saat ini, Cyrus diketahui memiliki dua paspor dan kewarganegaraan, yakni Indonesia dan Amerika Serikat. Itu yang membuat Cyrus tak perlu mengikuti proses naturalisasi untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Sang pemain cukup memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kemudian paspor Amerika Serikat miliknya akan dicabut.

Adapun di Indonesia tidak mengenal sistem dwi kewarganegaraan sehingga harus memilih satu di antaranya. Sehingga jika mau membela Timnas Indonesia, mantan kiper Denver Pioneers dan UK Wildcats itu harus merelakan kewarganegaraan Amerika Serikat-nya.

Baca Juga:
Menerka 3 Gelandang Timnas U-23 Andalan Shin Tae-yong di Piala AFF U-23

Sampai dengan saat ini, Shin Tae-yong sendiri diketahaui baru mengajukan empat nama pemain keturunan Indonesia untuk dinaturalisasi. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen.

Load More