Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia disebut kehilangan separuh kekuatan jelang laga kontra Timor Leste di FIFA Matchday yang digelar di Bali pada 27 dan 30 Januari mendatang.

Klaim ini diutarakan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyusul absennya pemain abroad seperti Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Elkan Baggott.

Dari ketiganya, kecuali Elkan Baggott memang tidak dipanggil Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday lantaran harus kembali ke klub masing-masing.

Baca Juga:
Colek Petinggi Persis Solo, Kaesang Pangarep: Aku Capek

Sementara Elkan Baggot sempat dipanggil untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia. Namun, tak bisa berpartisipasi karena mengikuti agenda klubnya di Inggris, Ipswich Town.

Menurut Shin Tae-yong absennya empat pemain tersebut cukup mempengaruhi timnya. Sebab, mereka merupakan andalan.

"Empat pemain yang disebut tadi sangat berpengaruh untuk tim. Sampai Piala AFF 2020 kemarin mereka yang terbaik dan pemain inti," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang Timnas Indonesia vs Timor Leste, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga:
Profil Dusan Vlahovic, Striker Muda Siap Pecahkan Megatransfer Juventus

"Kalau bicara pengaruh (ketidakhadiran empat pemain itu), mungkin hampir setengah dari tim kami," sambung juru taktik berpaspor Korea Selatan itu.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga mengungkap kemungkinan tidak ikutnya empat pemain tersebut di Piala AFF U-23 2022, yang akan dihelat di Kamboja pada Februari nanti.

Meski secara usia masih memenuhi syarat, namun Egy, Witan, Elkan, dan Asnawi terbentur perizinan klub lantaran kejuaraan tersebut berada di luar agenda FIFA.

Baca Juga:
4 Alumni Turnamen Toulon yang Jadi Bintang Sepak Bola Dunia

"Jadi untuk Piala AFF U-23 nanti kami harus melihat bagaimana perkembangan ke depannya," ungkapnya

"Tapi untuk mendapat prestasi terbaik, saya dan para pemain akan bekerja keras mempersiapkannya semuanya dengan baik. Kami tentu akan berusahan maksimal di AFF U-23 nanti," pungkasnya.

Baca Juga:
Presiden FAM Soroti Kekurangan Pemain Malaysia usai Tunjuk Pelatih Baru

Load More