Irwan Febri Rialdi
Mantan pemain Timnas Indonesia, Miro Baldo Bento, yang kini menjadi warga negara Timor Leste. (Eyesoccer)

Bolatimes.com - Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Timor Leste di FIFA Match Day mendatang punya beberapa kisah unik, salah satunya ikatan antara Miro Baldo Bento dengan Indonesia.

Saat ini dia memang merupakan warga negara Timor Leste, namun sebelumnya dia merupakan bagian dari Timnas Indonesia.

Hal ini terjadi setelah Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002. Sejak saat itu, Baldo Bento pun memiliki paspor Timor Leste dan memutuskan membela tim nasionalnya pada 2005.

Baca Juga:
Jejak Chafidz Yusuf, Pelatih yang Terdepak dari Pelatnas PBSI

Lantas, siapa sebetulnya sosok Miro Baldo ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Miro Baldo Bento

Sosok dengan nama lengkap Miro Baldo Bento de Araujo tersebut merupakan pria kelahiran 4 Juni 1975 di Dili, Timor Leste.

Baca Juga:
Pemain Timnas Putri Indonesia Sempat Stres Baca Komentar-komentar Netizen

Kiprah Miro Baldo di sepak bola Tanah Air dimulai di klub Galatama, Arseto Solo, pada 1992. Dia merasakan atmosfer kompetisi Galatama dan Kejuaraan Antarklub Asean.

Setelah tim ini bubar pada 1998, Miro Baldo berpetualang ke berbagai klub di Indonesia. Miro Baldo Bento sendiri akhirnya bergabung dengan PSM Makassar.

Sosok yang dulu bermain sebagai penyerang itu tampil gemilang bersama PSM Makassar. Dia menjadi bagian dari tim PSM Makassar yang menjuarai Liga Indonesia 1999/20.

Baca Juga:
Karim Konate, Bocah 17 tahun yang Masuk Skuat Pantai Gading di Piala Afrika

Setelah dari PSM Makassar, Miro Baldo Bento melanjutkan petualangannya ke berbagai klub di Indonesia.

Dia sempat bergabung dengan Perseden Denpasar, Persekaba Bandung, Persijap Jepara, Persmin Minahasa, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, PSBL Langsa, hingga PSIS Semarang.

PSIS tercatat menjadi klub Indonesia terakhir yang dibela oleh Miro sebelum akhirnya dia memutuskan pensiun pada tahun 2010.

Baca Juga:
Fani Supriyanto, Kiper Timnas Putri Indonesia yang Pernah Jadi Pemain Voli

Namun setelah 6 tahun pensiun, Miro Baldo kembali merumput di Timor Leste. Seiring bergulirnya kompetisi klub profesional pertama Timor Leste pada 2016, Miro bergabung dengan klub FC Porto Taibesse.

Di usianya yang kini menginjak 46 tahun, diketahui bahwa Miro Baldo Bento menjadi pemain sekaligus asisten pelatih di klub tersebut.

Adapun, Miro Baldo Bento juga punya catatan penampilan bersama Timnas Indonesia. Dia bahkan menjadi bagian skuad 'Garuda' yang menjadi runner-up Piala AFF 2000 atau saat itu masih bernama Piala Tiger.

Tercatat, Miro Baldo Bento mengoleksi 3 gol buat Timnas Indonesia yang semuanya dia cetak pada gelaran Piala Tiger 1998.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More