Irwan Febri Rialdi
Terens Puhiri bergabung dengan klub Thailand, Port FC

Bolatimes.com - Penyerang sayap Borneo FC, Terens Puhiri, akhirnya mendapat panggilan untuk memperkuat timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday.

Terens Puhiri menjadi salah satu nama pemain dari total 27 nama yang dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Ini menjadi pemanggilan pertama bagi Terens Puhiri di timnas Indonesia, Sebelumnya, ia hanya bisa mencatatkan caps di kelompok usia muda, yakni U-16 dan U-18.

Baca Juga:
Masuk Timnas Lagi, Terens Puhiri Siap Kerja Keras Demi Posisi Utama

Terens pun bertekad untuk membuktikan kapasitasnya di hadapan Shin Tae-yong agar bisa menjadi salah satu pemain yang diturunkan pada laga FIFA Matchday tersebut.

“Yang pasti, saya akan bekerja keras pada pemusatan latihan agar bisa mendapatkan tempat di laga uji coba internasional nanti,” kata Terens dikutip dari laman resmi klub.

Profil Terens Puhiri

Baca Juga:
Posisi Baru yang Diklaim Cocok untuk Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners

Terens Puhiri mengawali perjalanannya di dunia sepak bola bersama sekolah sepak bola (SSB) Numbay Star Papua mulai 2007 hingga 2012.

Salah satu kiprah yang dicatatkan Terens bersama SSB Numbay Star ialah menjadi juara Liga Danone lokal Papua. Mereka sukses mengandaskan Emsyk dan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti putaran final.

Saat itu, Terens dan kolega sukses melaju hingga partai semifinal karena tumbang dari wakil asal Jawa Tengah. Namun, Terens dinobatkan sebagai pemain terbaik karena menjadi topskor dengan koleksi lima gol.

Baca Juga:
Fasilitas Mewah Shin Tae-yong, dari Apartemen hingga Gaji Rp1,1 M per Bulan

Kiprahnya di ajang itu membawa dia lolos seleksi SAD Indonesia yang berlatih secara intensif di Uruguay pada tahun 2012 hingga 2013.

Kiprahnya di sana mengantarkan Terens Puhiri ke Persisam Putra Samarinda U-21. Setelah itu, dia promosi ke tim utama pada awal tahun 2015.

Selama memperkuat Persisam (kini bernama Borneo FC), Terens Puhiri pernah menjalani masa peminjaman bersama Port FC, klub kasta tertinggi di Liga Thailand.

Baca Juga:
Satu Pemain Dipanggil Shin Tae-yong, Pelatih Persib Bandung Senang

Sebagai informasi, Port FC merupakan klub sepak bola yang bermarkas di Bangkok yang juga dimiliki oleh manajer timnas Thailand, Nualphan Lamsam, atau yang akrab disapa sebagai Madam Pang.

Namun demikian, selama satu musim berkarier bersama Port FC di Liga Thailand, Terens tak mendapatkan menit bermain yang cukup layak.

Sebab, dia hanya mencatatkan penampilan sebanyak 11 kali dengan total 151 menit. Bisa dibilang, jumlah ini sangat minim.

Sejauh ini, Terens menjadi salah satu pemain yang diandalkan Borneo FC di Liga 1 2021-2022. Sebab, dia sudah mengumpulkan 20 penampilan bersama Pesut Etam.
Dari seluruh penampilannya itu, Terens menyumbang empat gol dan empat assist untuk tim yang kini diasuh oleh Risto Vidakovic itu.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More