Irwan Febri Rialdi
Bintang Timor Leste, Gali Freitas. (DOk. FFTL)

Bolatimes.com - Timor Leste dipastikan bakal menjadi lawan Timnas Indonesia pada laga pershabatan di FIFA matchday mendatang.

Awalnya, Indonesia dijadwalkan bertemu Bangladesh pada 24 dan 27 Januari 2022. Namun, negara di Asia Selatan tersebut tak bisa masuk ke Indonesia karena ada sejumlah pemainnya yang belum divaksinasi dosis kedua.

Tadinya Brunei Darussalam yang bakal jadi pengganti, namun PSSI akhirnya memastikan bahwa Timor Leste yang bakal menjadi pengganti Bangladesh di laga uji coba.

Baca Juga:
Profil Wahyu Subo Seto, Putra Eks Persebaya yang 'Pukul' Ricky Kambuaya

Menurut PSSI, Timor Leste menjadi negara yang paling memungkinkan untuk datang ke Indonesia dengan kondisi dan situasi terkini.

Skuat Timnas Indonesia sendiri sudah diumumkan, total Shin Tae-yong akan membawa 27 pemain pada laga uji coba yang akan berlangsung di Bali tersebut.

Meski diganti dengan Timor Leste, Timnas Indonesia tetap harus mewaspadai beberapa hal dari Timor Leste dan tak boleh meremehkan lawannya tersebut.

Baca Juga:
Elkan Baggott Disebut Belum Pasti Bela Timnas Indonesia vs Timor Leste

1. Indonesia Banyak Diisi Pemain Muda & Baru

Shin Tae-yong memang sudah memanggil 27 pemain ke Timnas Indonesia untuk melawan Timor Leste, namun cukup banyak wajah baru yang dipanggil olehnya.

Total ada 11 pemain alumni Piala AFF 2020 yang tak dipanggil Shin Tae-yong, termasuk Asnawi Mangkualam. Sebagai gantinya, ada 11 pemain yang mayoritas adalah pemain muda.

Baca Juga:
Profil Rifad Marasabessy, Bek Borneo Eks Timnas yang Tendang Ardi Idrus

Pemain muda di bawah usia 20 tahun pun cukup banyak dipanggil, di antaranya Ramai Rumakiek, Alfeandra Dewangga, Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Achmad Figo, Adi Satryo, dan Bayu Fiqri.

2. Waspadai Kebangkitan Timor Leste

Di atas kertas, Timnas Indonesia memang unggul jauh dibandingkan Timor Leste. Tren Timor Leste pun sangat buruk belakangan ini.

Baca Juga:
4 Striker Tajam yang Diabaikan Shin Tae-yong Jelang Hadapi Timor Leste

Mereka sama sekali tak meraih kemenangan dan tak mampu mencetak satu pun gol di Piala AFF 2020 kemarin.

Namun, kondisi ini justru menjadi hal yang patut diwaspadai Timnas Indonesia karena Timor Leste pastinya membawa misi untuk bangkit.

3. Timor Leste Bisa Sulitkan Indonesia

Pada pertemuan terakhir Timor Leste dan Indonesia di Piala AFF 2018, skuat 'Merah Putih' cukup kesulitan saat itu.

Indonesia bahkan tertinggal lebih dulu di awal babak kedua, beruntung tiga gol balasan berhasil dilesakkan Indonesia hingga akhirnya meraih kemenangan 3-1. Kondisi ini menunjukkan bahwa Timor Leste masih punya peluang untuk menyulitkan Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More