Irwan Febri Rialdi
Kiper Chelsea, Edouard Mendy. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Piala Afrika 2021 sudah bergulir sejak 9 Januari lalu, Kompetisi tertinggi antar negara di benua Afrika tersebut dijadwalkan berlangsung hingga 6 Februari 2022.

Seperti yang diketahui, Afrika menjadi salah satu benua yang menyumbang banyak pemain hebat di kompetisi tertinggi Eropa dan belahan dunia lainnya.

Banyak pemain top yang tersebar di berbagai negara Afrika, juga di berbagai posisi. Salah satunya banyak kiper-kiper beken yang memperkuat klub top Eropa.

Baca Juga:
Prestasi Sir Alex Ferguson Membuat Pep Guardiola Ciut Nyali

Siapa saja mereka? Berikut Bolatimes sudah merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Eduardo Mendy

Daftar kiper top pertama yang mentas di Piala Afrika 2021 adalah penjaga gawang Senegal, Eduardo Mendy. Dia sukses menjadi penjaga gawang utama Chelsea dalam dua musim ke belakang.

Baca Juga:
Diserang Haruna Soemitro, PSSI Siap Beri Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong

Sayangnya, Mendy terpapar COVID-19 pada 7 Januari lalu sehingga harus absen di dua laga awal Senegal. Dia diprediksi bisa turun membela Senegal saat melawan Malawi pada 18 Januari mendatang.

Untuk sementara ini, Senegal menduduki posisi kedua klasemen Grup B dengan koleksi 4 poin. Hadirnya Mendy jelas menjadi modal positif Senegal untuk lolos ke 16 besar.

2. Yassine Bounou

Baca Juga:
Fakta Menarik Ade Mustikiana Oktafiani, Kapten Timnas Putri Indonesia

Kiper top selanjutnya di Piala Afrika 2021 adalah penjaga gawang timnas Maroko, Yassine Bounou, yang kini merupakan penggawa Sevilla.

Pemain yang sudah membela timnas Maroko itu tampil mengesankan di dua laga fase grup dengan selalu mencatatkan clean sheet dan meraih kemenangan. Maroko pun untuk sementara memuncaki klasemen Grup C.

3. Andre Onana

Baca Juga:
Piala Asia Wanita 2022: Cuma 4 Pemain Timnas Putri Indonesia yang Berklub

Kiper milik Ajax Amsterdam ini jelas masuk ke dalam daftar penjaga gawang top di Piala Afrika 2021. Pemain berusia 25 tahun itu jadi andalan timnas Kamerun.

Penampilannya impresif sepanjang turnamen berjalan dengan mengantarkan Kamerun meraih 2 kemenangan dan kini memuncaki klasemen Grup A.

4. Hervé Koffi

Namanya mungkin belum setenar 3 pemain sebelumnya, tetapi dia merupakan salah satu kiper top yang ada di Piala Afrika 2021.

Koffi baru saja bergabung dengan klub asal Belgia, RSC Charleroi pada Juli tahun lalu dan langsung tampil menjanjikan di musim perdananya.

Dia kini membawa Burkina Faso menjadi salah satu tim yang disegani dengan menempati posisi kedua klasemen Grup A.

5. Raïs M'Bolhi

Meski tak bermain di klub Eropa, kiper Aljazair ini pantas masuk ke dalam daftar kiper top di Piala Afrika 2021.

Dia berhasil mengantarkan Aljazair menjuarai Piala Afrika 2019, kini dia membela klub asal Arab Saudi, Al-Ettifaq.

Bersama timnas Aljazair, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 85 kali sejak 2010 lalu. Di edisi tahun ini, penampilan Aljazair belum maksimal karena belum meraih kemenangan dan ada di dasar klasemen Grup E.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More