Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Gegap gempita sepak bola Indonesia masih akan berlanjut tahun depan, pasalnya bakal bergulir turnamen yang tak bergengsi yaitu Piala AFF U-23 2022.

Hasil undian turnamen kelompok umur se-Asia Tenggara ini sudah dirilis pada Rabu (29/12/2021). Hasilnya, Timnas Indonesia satu grup lagi dengan negara tetangga Malaysia di Grup B.

Piala AFF U-23 2022 akan digelar pada 14 sampai 26 Februari tahun depan. Kompetisi antar pemain muda di Asia Tenggara ini bakal digelar di Kamboja.

Baca Juga:
Dua Pemain Abroad Timnas Indonesia Masih Percaya Ada Keajaiban di Leg Kedua

Selain Malaysia, ada dua negara lain yang tergabung di Grup B bersama timnas Indonesia, yakni Myanmar serta Laos.

Sementara Grup A dihuni oleh tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Kemudian Grup C terbilang dihuni tim-tim kuat yaitu Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Indonesia sendiri berstatus sebagai juara bertahan setelah di edisi 2018 lalu berhasil mengalahkan Thailand di laga final. Berikut alasan-alasan Indonesia bisa mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23.

Baca Juga:
Tak Lolos ke Final, Pemain Timnas Vietnam Dilirik Klub La Liga Spanyol

1. Materi pemain

Sejumlah pemain Timnas Indonesia yang saat ini tampil di ajang Piala AFF 2020 masih memiliki peluang untuk tampil pada ajang Piala AFF U-23 2022.

Sebab, sebagian besar pemain yang dibawa oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada ajang Piala AFF 2020 ini adalah pemain-pemain muda.

Baca Juga:
Semangat Hadapi Leg 2 Lawan Thailand, Nadeo Argawinata Banjir Dukungan

Dari 30 nama yang dibawa oleh Shin Tae-yong, mayoritas nama pemain yang mengisinya ialah pemain-pemain muda. Setidaknya ada 14 nama pemain berusia di bawah 23 tahun.

Kondisi ini jelas menguntungkan Indonesia karena pemain-pemain muda ini sudah punya pengalaman mentas di level internasional.

2. Mental

Baca Juga:
3 Alasan Irfan Jaya Harus Diparkir di Leg Kedua Lawan Thailand

Dengan banyaknya pemain muda Indonesia yang sudah mencicipi beratnya atmosfer pertandingan di level senior, akan membuat mental para pemain semakin tertempa.

Kondisi ini bakal menjadi modal positif bagi Timnas Indonesia U-23 nanti untuk melakoni Piala AFF U-23 2022.

Bahkan, Asnawi Mangkualam Bahar saat ini dipercaya menjadi kapten timnas senior Indonesia oleh Shin Tae-yong.

3. Sudah Saling Mengenal

Jika nantinya mayoritas pemain yang dibawa Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2022 adalah pemain-pemain muda yang kini membela Indonesia di Piala AFF 2020, ini bakal menguntungkan dari segi permainan.

Para pemain ini sudah saling memahami permainan teman-temannya sekaligus sudah terbiasa dengan pola permainan yang diinginkan Shin Tae-yong.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More