Irwan Febri Rialdi
Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, menolak menyerah usai dihajar Thailand dengan skor 0-4 di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/21). Ia masih optimis dirinya dan rekan-rekannya bisa membalikkan keadaan di leg kedua.

Indonesia harus merasakan pengalaman pahit gawangnya dibobol sebanyak empat kali oleh Thailand di partai puncak Piala AFF 2020.

Thailand mampu membuat Indonesia mati kutu sejak awal pertandingan usai Chanathip Songkrasin berhasil mencetak gol di detik ke-80.

Setelahnya permainan Indonesia pun menjadi kacau, yang membuat Thailand lebih leluasa menyerang dan menguasai pertandingan.

Meski menguasai pertandingan, gol tambahan Thailand sendiri baru hadir di babak kedua lewat Chanathip di menit ke-52, Supachok Sarachat di menit ke-67, dan Bordin Phala di menit ke-83.

Kemenangan besar 4-0 atas Indonesia ini pun lantas membuat Thailand memecahkan rekor di Piala AFF sebagai tim yang mampu menang dengan margin gol besar di partai final.

Sebelumnya, rekor ini dipegang Thailand yang mampu menang 4-1 di partai puncak Piala AFF 2000, di mana saat itu Indonesia pula yang menjadi lawannya.

Dengan kekalahan besar dari Thailand di leg pertama tersebut, mimpi Indonesia untuk meraih gelar Piala AFF perdananya bisa dikatakan pupus.

Pasalnya, Indonesia mau tak mau harus mencetak lima gol di leg kedua, atau minimal empat gol guna menjaga asa untuk meraih gelar di leg kedua nanti.

Meski berada dalam misi sulit, optimisme masih terlihat dari penggawa Timnas Indonesia. Salah satunya dari sang kapten, Asnawi Mangkualam.

Belum Usai

Pasca laga, Asnawi Mangkualam selaku kapten bereaksi atas kekalahan besar Indonesia dari Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020.

Pemain berusia 22 tahun tersebut masih merasa optimis bisa membalikkan keadaan di leg kedua nanti. Hal ini terlihat dari unggahan di akun Instagram-nya.

Dalam unggahannya, pemain yang bermain untuk Ansan Greeners itu mengunggah foto bersama rekan-rekannya beserta Caption doa dan keyakinannya bisa membalikkan keadaan di leg kedua nanti.

Asnawi Mangkualam menolak menyerah usai dibantai Thailand 0-4 di leg pertama final Piala AFF 2020. (Instagram/@asnawi_bhr)

“Hasbunallah Wanikmal Wakil. Belum usai!!,” tulis Asnawi dalam unggahannya itu.

Kalimat suci ‘Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir’ sendiri merupakan sebuah doa yang dipanjatkan seorang muslim untuk meminta perlindungan dan meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Adapun leg kedua nanti, Timnas Indonesia akan berstatus sebagai tim tamu saat melawan Thailand. Laga ini rencananya akan digelar pada Jumat (01/01/22) di Stadion Nasional Singapura.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More