Husna Rahmayunita
Witan Sulaeman berseragam Timnas Indonesia. (Instagram/witansulaiman_)

Bolatimes.com - Witan Sulaeman diprediksi tetap jadi andalan Timnas Indonesia kontra Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021)

Di babak semifinal, Witan Sulaeman tampil impresif dengan membendung Singapura. Ia mencetak satu gol di leg pertama lawan Siangapura.

Di usianya yang baru 20 tahun, Witan Sulaeman mampu menunjukkan kualitasnya. Di Piala AFF 2020, ia kerap dipercaya menjadi starter oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Mundur Jadi Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida Beberkan Masa Sulit

Pemain bernama lengkap Witan Sulaeman Simanjutak itu dianggap sebagai pemain muda Timnas Indonesia yang potensial.

Ini tak lepas dari kecintaanannya akan dunia sepak bola. Sejak kecil, ia menekuni si kulit bundar. Hal itu diungkap oleh sang ayah, Humaidi.

Humaidi menceritakan Witan memang ia didik untuk menjadi pesepakbola profesional sejak dini. Salah satu jalan awal yang ia lakukan adalah memasukkan Witan ke sekolah sepakbola (SSB).

Baca Juga:
Seharga Rp 140 Miliar, Intip Mewahnya Apartemen Lewandowski di Polandia

"Dulu awalnya Witan saya masukkan di SSB Masjid Agung saat masih TK di Palu. Kemudian setelah dia kelas tiga SD, saya pindahkan dia ke SSB Galara Palu," ujarnya kepada SuaraBali.id, Selasa (28/12/2021).

Aksi Witan Sulaeman saat Indonesia menghadapi Vietnam di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bakat yang diimbangi dengan ketekunan dan disiplin berlatih membuat Witan Sulaeman bisa di posisi sekarang, menjadi salah satu pilar penting Skuad Garuda.

Karier Sepak Bola

Baca Juga:
Mantan Anak Didik Shin Tae-yong Kembali Jadi Pemain Terbaik Korea Selatan

Witan Sulaeman kali pertama terjun ke sepak bola profesional pada putaran kedua musim 2019. Klub profesional pertama yang dibelanya adalah PSIM Yogyakarta.

Untuk debut internasional, Witan Sulaeman kali pertama tampil bersama Indonesia U-19, 31 Mei 2017 melawan Timnas U-20 Brasil.

Kemudian, dia mencetak gol pertamanya di ajang AFF U-16 2017, 13 September 2017 di menit ke 41 dan gol kedua pada menit 67 melawan Tim nasional U-19 Brunei Darussalam dengan hasil skor menang 8-0.

Baca Juga:
Park Hang-seo Dikabarkan akan Dipecat Vietnam usai Gagal di Piala AFF 2020

Kemudian debut resminya bersama Timnas senior dimulai saat laga persahabatan internasional FIFA, saat melawan Oman di Stadion The Sevens, Dubai, Uni Emirat Arab, 29 Mei 2021.

Kekinian, Witan Sulaeman membela klub asal Polandia yaitu Lechia Gdansk. Ia pun kini tengah berjuang di babak akhir Piala AFF 2020.

Load More