Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, di Piala AFF 2010. (AFP/Adek Berry)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada partai final Piala AFF 2020 dan ini menjadi menampilan keenamnya sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen tersebut.

Menurut jadwal, timnas Indonesia dan Thailand akan berjumpa dua kali pada partai final Piala AFF 2020. Pertandingan akan digelar di Stadion Nasional, Singapura, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Sebelum final ini digelar, timnas Indonesia sudah lima kali berhasil melaju ke partai final Piala AFF. Namun, dari seluruh momen tersebut, tak ada satu pun yang sukses diakhiri dengan gelar juara.

Baca Juga:
Unggah Foto Son & Shin Tos, Tottenham Dukung Indonesia Juara Piala AFF 2020

Dengan kata lain, skuad Garuda menjadi tim yang paling banyak mengumpulkan status runner-up Piala AFF karena telah meraihnya sebanyak lima kali.

Berikut Bolatimes.com menyajikan kilas balik lima penampilan timnas Indonesia di partai final Piala AFF.

1. Final Piala AFF 2016 (Timnas Indonesia vs Thailand)

Baca Juga:
Profil Thanawat Suengchitthawon, Gelandang Leicester di Timnas Thailand

Penampilan terakhir timnas Indonesia di partai final Piala AFF tercatat pada edisi 2016. Pada saat itu, lawan yang dihadapi skuad Garuda di partai puncak ialah Thailand.

Sayangnya, skuad Garuda yang berada di bawah asuhan Alfred Riedl memang kalah agregat 2-3 dari skuad Gajah Perang.

Namun, timnas Indonesia sebetulnya sempat meraih kemenangan 2-1 pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2016.

Baca Juga:
Hasil Undian Piala AFF U-23 2022, Indonesia Satu Grup dengan Malaysia

Saat itu, duel digelar di Stadion Pakansari, Bogor, 14 Desember 2016. Saat itu, Thailand sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Teerasil Dangda pada menit ke-33.

Namun, pada babak kedua, anak asuh Alfred Riedl berhasil bangkit dari keterpurukan. Mereka sukses melesakkan dua gol balasan lewat Rizky Pora (65’) dan Hansamu Yama (70’).

Ini menjadi satu-satunya kemenangan yang mampu diraih timnas Indonesia atas Thailand pada partai final Piala AFF.

Baca Juga:
Hasil Drawing Piala AFF U-23 2022, Netizen Heran dengan Grup A

Sementara pada leg kedua, skuad Garuda harus mengakui keunggulan tim tuan rumah yang tampil perkasa di hadapan pendukungnya sendiri.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, 17 Desember 2016 itu, skuad Garuda dijegal dua gol tanpa balas. Seluruh gol Thailand dicetak oleh Siroch Chatthong.

2. Final Piala AFF 2010 (Timnas Indonesia vs Malaysia)

Timnas Indonesia menjadi tim yang sempat difavoritkan meraih gelar juara Piala AFF 2010. Sebab, saat itu lawan yang dihadapi ialah Malaysia, klub yang sempat dibantai pada fase grup.

Saat kedua tim berjumpa pada babak penyisihan grup Piala AFF 2010, Indonesia sukses menang telak dengan skor 5-1.

Lalu, kemenangan kedua diraih Indonesia pada leg kedua partai final Piala AFF 2010 dengan skor tipis 2-1. 

Sayangnya, kemenangan ini tak cukup bagi Indonesia untuk meraih gelar juara. Sebab, pada leg pertama mereka dihajar tiga gol tanpa balas.

Dengan demikian, timnas Indonesia harus kembali puas gagal meraih gelar juara karena kalah agregat 2-4 dari skuad Harimau Malaya.

3. Final Piala AFF 2004 (Timnas Indonesia vs Singapura)

Pada final Piala AFF 2004, atau yang saat itu masih bernama Piala Tiger, skuad Indonesia menjadi salah satu tim yang tampil impresif.

Sebab, skuad Garuda yang ketika itu berada di bawah asuhan Peter White menjadi salah satu kontestan yang paling ditakuti.

Mereka sukses menghajar Vietnam dengan skor 3-0 dan Malaysia 4-1 di kandang lawan. Sayangnya, penampilan mereka justru antiklimaks pada partai puncak.

Sebab, skuad asuhan Peter White justru dipaksa kalah dua kali oleh Singapura pada partai final. Pada laga leg perta,a timnas Indonesia dihajar 1-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sedangkan pada laga leg kedua, mereka kembali dihajar skuad The Lions saat laga digelar di Singapura. Kali ini, laga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah. Dengan demikian, Indonesia kalah agregat 1-5 dari Singapura.

4. Final Piala AFF 2002 (Timnas Indonesia vs Thailand)

Pada final Piala AFF edisi 2002 yang saat itu masih bernama Piala Tiger, skuad Garuda dihajar 1-4 oleh Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Adapun pada Piala Tiger edisi 2002, timnas Indonesia yang tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, sempat tampil impresif.

Meski tertinggal dua gol terlebih dahulu, skuad Merah Putih berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Yaris Riadi dan Gendut Doni.

Setelah laga berakhir sama kuat dengan skor 2-2, timnas Indonesia gagal meraih gelar juara karena dijegal dengan skor 2-4 pada babak adu penalti.

Ini menjadi edisi final Piala AFF yang membuat timnas Indonesia nyaris menjadi juara. Sebab, mereka hanya tumbang lewat adu penalti dari tim lawan.

5. Final Piala AFF 2000 (Timnas Indonesia vs Thailand)

Final Piala AFF 2020 menjadi momen pertama bagi skuad Merah Putih berhasil melaju ke partai puncak setelah tampil pada dua edisi sebelumnya.

Sayangnya, timnas Indonesia gagal meraih gelar juara karena memang tak mampu mengimbangi kekuatan tim Gajah Perang.

Pada saat itu, timnas Thailand sukses berpesta gol ke gawang timnas Indonesia. Pada akhir laga, kedudukan 4-1 berakhir untuk kemenangan Thailand.

Worrawoot Srimaka masih menjadi sosok pemain yang paling menakutkan bagi timnas Indonesia. Sebab, saat itu ia melesakkan hattrick ke gawang skuad Garuda.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More