Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

Bolatimes.com - Efek Shin Tae-yong terbukti nyata. Timnas Indonesia menjadi negara yang menambah poin FIFA terbanyak di dunia pada Desember.

Shin Tae-yong telah memimpin Timnas Indonesia menjalani periode impresif sejak 19 November. Sejak itu, skuad Garuda belum mengalami kekalahan dalam tujuh pertandingan FIFA A yang akan mendapatkan poin.

Tercatat mulai laga persahabatan melawan Myanmar, hingga laga terakhir di semifinal leg kedua Piala AFF 2020, timnas Indonesia meraih lima kemenangan dan dua kali imbang.

Baca Juga:
Ditanya Pemain Indonesia Paling Mencolok, Pelatih Thailand Bilang Begini

Imbas positif pun didapatkan timnas Indonesia di posisi ranking FIFA. Sebab tim Merah Putih kini sudah naik da peringkat ke-164 dari data FIFA yang dirilis pada 23 Desember lalu.

Dinukil dari Naver Sports pada Selasa (28/12/2021), bukan hanya naik peringkat, ternyata timnas Indonesia juga menjadi negara yang mengumpulkan poin FIFA terbanyak di bulan Desember ini.

Timnas Indonesia jadi negara yang mengumpulkan poin FIFA terbanyak di bulan Desember. (Dok. FIFA)

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Indonesia mendapatkan tambahan 11,13 poin dari hasil impresifnya sepanjang November hingga Desember.

Baca Juga:
Kisah Ibu Surati yang Harus Hutang demi Belikan Sepatu Bola Pratama Arhan

Di bawah timnas Indonesia ada juga Aljazair, Qatar, dan Thailand yang mengumpulkan poin banyak di periode ini.

Aljazair sendiri baru memenangkan Piala Arab FIFA 2021, sedangkan Qatar finis di urutan ketiga. Thailand sendiri juga berhasil lolos ke final Piala AFF 2020.

Adapun Thailand akan menghadapi timnas Indonesia di final Piala AFF 2020. Laga pamungkas ini digelar dua leg pada 29 Desember dan 1 Januari 2022.

Baca Juga:
Aniaya Wasit hingga Pelipis Robek, 6 Pemain Liga 3 Resmi Ditangkap Polisi

Load More