Rauhanda Riyantama
Kolase Pratama Arhan dan sang ibu. (PSSI)

Bolatimes.com - Pratama Arhan menjadi salah satu pemain yang paling menonjol untuk Timnas Indonesia. Penampilan impresifnya ini pun lahir dari pengorbanan seorang ibu pekerja keras bernama Surati.

Sejak fase grup hingga babak semifinal, Pratama Arhan selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di pos bek kiri. Pemain muda berusia 20 tahun ini tak pernah tergantikan dan selalu menjadi starter.

Kepercayaan Shin Tae-yong yang diberikan kepadanya sejak awal gelaran Piala AFF 2020 pun dibalas dengan baik oleh bek PSIS Semarang tersebut.

Baca Juga:
Aniaya Wasit hingga Pelipis Robek, 6 Pemain Liga 3 Resmi Ditangkap Polisi

Pratama Arhan mampu menjadi salah satu penampil terbaik dengan menjadi pemain yang paling menentukan untuk Timnas Indonesia entah berkat gol dan assistnya.

Sepanjang piala AFF 2020 ini, Pratama Arhan tercatat sebagai pemain yang paling banyak memberikan assist bagi Timnas Indonesia dengan total tiga assist.

Sedangkan di sisi lain, Pratama Arhan telah melesakkan dua gol yakni ke gawang Malaysia dan juga gol penyama kedudukan kala melawan Singapura.

Baca Juga:
Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Dipuji Orang Korsel

Karena penampilan impresifnya ini, Pratama Arhan menuai beragam pujian dari seluruh pihak. Salah satunya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Menjual Sayur dan Berhutang demi Pratama Arhan

Baca Juga:
Bikin Keputusan Kontroversi, Wasit Saoud Al Adba Dicoret dari Piala AFF

Ganjar Pranowo menceritakan bahwa Pratama Arhan lahir dari keluarga sederhana yang berasal dari Blora, Jawa Tengah.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu bahkan menyebut bahwa wanita bernama Surati yang tak lain merupakan ibu Pratama Arhan menjadi sosok kunci di balik kesuksesan bek kiri Timnas Indonesia itu saat ini.

Dalam unggahannya, Ganjar Pranowo menyebut Surati harus bekerja keras dengan bertani dan berjualan sayur demi mendukung cita-cita Pratama Arhan.

Baca Juga:
Tak Mau Lewatkan Kesempatan, Egy Maulana Bertekad Bawa Pulang Trofi AFF

Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Tak cukup sampai di situ, sang ibu juga rela berhutang untuk membelikan sepatu bagi Pratama Arhan,  membiayai latihannya di SSB Terang Bangsa dan mengikuti turnamen untuk mengasah keterampilan putranya itu.

Raut wajah Surati sendiri sudah tak asing bagi penikmat sepak bola Tanah Air. Pasalnya, banyak video yang beredar tentang sosok wanita berusia 44 tahun tersebut kala mendukung sang putra sepanjang Piala AFF 2020.

Meski kini jauh dari sang anak, Surati tak ada henti-hentinya menyemangati Pratama Arhan dan mendoakan sang putra untuk terus terbang tinggi dan membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF 2020.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More