Husna Rahmayunita
Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Bolatimes.com - Asnawi Mangkualam lega akhirnya Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 setelah membungkam Singapura di laga hidup mati, Sabtu (25/12/2021) malam.

Timnas Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 di leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional.

Sebelumnya, anak asuhan Shin Tae-yong ditahan imbang oleh tuan rumah saat leg pertama dengan skor 1-1.

Baca Juga:
Digadang Lawan Singapura, Egy Maulana Vikri Tegaskan Tekad Juarai Piala AFF

Kemenangan Indonesia ini di leg kedua didapat secara dramatis lewat tambahan waktu 2/15 menit. Pada laga tersebut, Indonesia yang full team meladeni 8 pemain Singapura.

Pertandingan Indonesia vs Singapura diwarnai dengan ketegangan. Wasit memberikan kartu merah kepada tiga pemain The Lions.

Asnawi Mangkulam didapuk sebagai kapten Timnas Indonesia saat menghadapi Singapura. Turun sebagai starter, ia beberapa kali mendapat peluang untuk mencetak gol.

Baca Juga:
Hadapi Singapura, Ricky Kambuaya Niat Berikan Kado Spesial di Hari Natal

Namun, tak ada satu gol yang mampu dilesakannya oleh pemain Ansan Greeners tersebut ke gawang kiper gaek Singapura, Hassan Sunny hingga bubaran.

Asnawi Mangkualam usai laga Timnas Indonesia vs Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020. (Instagram)

Adapun empat gol Indonesia masing-masing diciptakan oleh Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), gol bunuh diri Shawal Anuar (91') dan Egy Maulana Vikri (105'+2).

Terlepas dari semuanya, Asnawi Mangkualam bersyukur mampu mengantarkan Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Andai Singapura Juara Piala AFF 2020, Faris Ramli: Akan Jadi Tahun Impian

Melalui akun Instagram pribadinya, ia menuliskan, "Alhamdulillah" sebagai tanda syukurnya.

Timnas Indonesia tercatat sudah enam kali masuk final Piala AFF yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020. Namun, di lima partai final sebelumnya, Skuad Garuda harus puas menjadi runner up.

Kekinian, Asnawi Mangkualam Cs menanti rival untuk babak final Piala AF 2020 antara Timnas Vietnam atau Thailand yang akan berlaga Minggu (26/12/2021).

Baca Juga:
Diganyang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Ranking FIFA Malaysia Tetap

Load More