Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan segala pengalamannya menyarankan agar Piala AFF bisa menggunakan teknologi asisten wasit video (VAR) untuk pertandingan terdekat atau edisi mendatang untuk mempertajam pengambilan keputusan wasit.

"Sebagai pelatih yang berpengalaman di Piala Dunia, saya berpendapat Piala AFF ini membutuhkan VAR. Wasit juga manusia yang tidak bisa membuat keputusan 100 persen benar," kata Shin Tae-yong seperti dimuat Antara, Jumat (24/12/2021).

Menurut pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu, VAR dapat semakin meningkatkan kualitas turnamen dan menghapus kontroversi-kontroversi vonis wasit di lapangan, salah satu contohnya ketika Timnas Indonesia melawan Singapura pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Singapura, Rabu (22/12/2021) lalu.

Baca Juga:
Hadapi Singpura di Leg Kedua, Fachrudin Aryanto: Kami akan Habis-habisan

Saat itu, ada momen gelandang serang Indonesia, Ricky Kambuaya dilanggar di dalam kotak penalti lawan. Ini terlihat nyata di video tayangan ulang, tetapi wasit hanya memberikan tendangan bebas kepada Indonesia di tepi kotak penalti Singapura.

"Saya sudah melihat kembali videonya dan memang wasit seharusnya memberikan penalti. Banyak juga keputusan yang cukup kontroversial dari wasit di sepanjang turnamen Piala AFF 2020 ini sampai semifinal," tutur Shin.

Shin pun melihat situasi serupa saat Thailand menghadapi Vietnam pada leg pertama semifinal lainnya sehari kemudian.

Baca Juga:
Was-was bakal Main, Pelatih Singapura akan Waspadai Egy Maulana Vikri

Vietnam yang kalah 0-2 disebut Shin beberapa kali dirugikan oleh wasit.

"Bahkan Vietnam pun seharusnya mendapatkan penalti. Namun, saya bingung kenapa wasit tidak memutuskan demikian," tutur pelatih timnas Korea Selatan dalam Piala Dunia 2018 itu.

Sebelumnya, pelatih Vietnam Park Hang-seo juga menyerukan pentingnya VAR lantaran menganggap skuadnya dirugikan kala melawan Thailand.

Baca Juga:
Pelatih Singapura Sebut Ingin Kalahkan Timnas Indonesia dalam 90 Menit

Namun, sulit menambahkan teknologi VAR dalam Piala AFF 2020 walau ada masukan dari duo pelatih Korea Selatan karena sejak awal turnamen pihak AFF sudah menetapkan kompetisi akan berlangsung tanpa VAR karena penerapannya rumit.

Laga leg kedua semifinal Indonesia melawan Singapura berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, esok Sabtu pukul 19.30 WIB.

Lalu laga kedua semifinal Thailand versus di Vietnam juga digelar di tempat dan waktu yang sama, tetapi pada Minggu (26/12).

Baca Juga:
3 Wasit Kontroversial di Piala AFF 2020, Termasuk Pengadil asal Korsel

Load More