Rabu, 06 Juli 2022
Irwan Febri Rialdi : Kamis, 23 Desember 2021 | 11:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Sejumlah pemain timnas Indonesia tampil kurang memuaskan saat menghadapi Singapura pada pertandingan pertama babak semifinal Piala AFF 2020.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12/2021) itu, timnas Indonesia akhirnya gagal meraih kemenangan.

Sebab, skuad Garuda yang sempat tampil impresif pada babak pertama dan unggul terlebih dahulu pada menit ke-29 melalui sontekan Witan Sulaeman gagal mempertahankan keunggulannya.
The Lions, julukan timnas Singapura, sukses menyamakan kedudukan saat pertandingan memasuki menit ke-71 melalui aksi Ikhsan Fandi.

Setidaknya, ada tiga pemain timnas Indonesia yang diturunkan pada laga kedua. Penampilan mereka justru kurang menggigit.

Bahkan, salah satu pemain ini juga menyebabkan bobolnya gawang skuad Garuda karena kesalahan antisipasi.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain timnas Indonesia yang tampil kurang impresif saat melawan Singapura.

1. Ezra Walian

Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian. (Dok. PSSI)

Ezra Walian tampil sebagai pemain pengganti saat timnas Indonesia menghadapi Singapura pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020.

Bermain sejak awal babak pertama menggantikan Dedik Setiawan, Ezra justru gagal menjawab kepercayaan Shin Tae-yong.

Sebab, pemain kelahiran Belanda ini tampak kurang intensif dalam membantu menyerang maupun bertahan.

Tekanan yang biasa diberikan Indonesia saat Singapura menyusun serangan dari lini pertama gagal dijalankan dengan baik oleh pemain Persib Bandung ini.

Akhirnya, pada menit ke-80, dia kembali ditarik keluar dan digantikan oleh Hanis Sagara. Pergantian ini cukup berjalan efektif karena Hanis mampu memberikan dampak positif.

2. Evan Dimas

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Menarik keluar Rachmad Irianto untuk memainkan Evan Dimas Darmono justru menjadi mala petaka bagi barisan pertahanan timnas Indonesia.

Sebab, Rachmat Irianto yang sebelumnya tampil impresif ketika mengawal sektor lini tengah timnas Indonesia tak mampu digantikan perannya oleh Evan Dimas.

Evan Dimas juga belum tampil apik ketika bermain pada menit ke-67. Perannya dalam mengalirkan serangan belum cukup efektif.

3. Elkan Baggott

Bek Timnas Indonesia keturunan Inggris, Elkan Baggott. (Dok. PSSI)

Tak seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya, penampilan Elkan Baggott saat timnas Indonesia berjumpa Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 beluk bisa dikatakan impresif.

Sebab, bek asal Inggris ini tampak kerepotan ketika melayani tusukan-tusukan penyerang timnas Singapura. Ia juga kesulitan mengimbangi kecepatan Ikhsan Fandi.

Salah satu momen paling menonjol ialah ketika Elkan Baggott gagal mengawal pergerakan Ikhsan Fandi pada pertengahan babak kedua.

Ikhsan Fandi sukses meloloskan diri dari pengawalan Elkan untuk menerima umpan terobosan Faris Ramli. Aksi inilah yang menciptakan gol penyama kedudukan bagi Singapura.

Elkan yang berniat melakukan jebakan offside justru gagal mengeksekusinya dalam waktu yang tepat. Sehingga, Ikhsan Fandi sukses lolos dan akhirnya sanggup melepaskan sepakan yang menggetarkan jala gawang timnas Indonesia.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

Buat Kejutan, Pelatih Timor Leste Pamer Kunci Kemenangan atas Singapura di Piala AFF U-19 2022