Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Sandy Walsh dalam pertandingan melawan Standard Liege. (Dok. KV Mechelen).

Bolatimes.com - Exco PSSI, Hasani Abdulgani, yang ditunjuk untuk memproses naturalisasi pemain incaran Shin Tae-yong menjabarkan garis keturunan yang dimiliki Sandy Walsh.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong sempat mengajukan empat nama agar segera dinaturalisasi oleh pihak PSSI. Empat nama itu adalah Mees Hilgers, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Kevin Diks.

Bagi Kevin Diks, kini Shin Tae-yong ingin menggantinya dengan nama baru, yaitu Ragnar Oratmangoen. Pergantian itu karena posisi bermain Diks sama dengan Sandy Walsh.

Baca Juga:
Georgina Rodriguez Rayakan Momen Jadi Cover Majalah di Dalam Jet Pribadi

Bicara terkait Sandy Walsh, baru-baru Exco PSSI, Hasani Abdulgani memberikan informasi menarik soal garis keturunan yang dimilikinya. Hal itu disampaikan via akun Instagramnya pada Kamis (23/12/2021).

Menurutnya pemain yang kini berseragam KV Mechelen ini punya darah Indonesia dari kakek serta neneknya di pihak ibu.

Exco PSSI jabarkan garis keturunan Sandy Walsh. (Instagram/hasaniabdulgani)

"Garis turunan: Ibu lahir di Belanda dan ayah warga negara British UK (Irlandia Utara). Kakek lahir di Surabaya, Nenek lahir di Purworejo (dari ibu Walsh. Keduanya warga negara Belanda)," tulis Hasani Abdulgani.

Baca Juga:
Idolakan Vanesha Prescilla, Pacar Pratama Arhan Ternyata Anak Semarang

Melihat garis keturunan tersebut, maka PSSI tidak akan melanggar aturan FIFA jika ingin menaturalisasi Sandy Walsh.

"Jadi Walsh tidak melanggar article No 7 FIFA. Sebab Kakek dan Nenek mempunyai darah dan turunan Indonesia," imbuhnya.

Sebagai informasi, article 7 FIFA dengan tegas menyatakan seseorang dapat mengajukan naturalisasi jika ada kaitan turunan darah dari orang tua (termasuk kakek/nenek).

Baca Juga:
Daftar 10 Pesepak Bola dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak

Atau pihak yang bersangkutan sudah menetap lima tahun secara beruntun di negara tersebut dan orang yang bersangkutan lahir di negara itu.

Terlepas dari itu, melihat data dari Transfermarkt, Sandy Walsh di musim ini menjadi pemain inti dari tim Liga Belgia, KV Mechelen.

Sejauh ini, pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut sudah tamil dalam 20 pertandingan di Liga Belgia dengan sumbangan dua gol serta lima assist.

Baca Juga:
Dikritik Netizen usai VC Pratama Arhan, Bupati Blora Matikan Fitur Komentar

Load More