Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual jelang bergulirnya Piala AFF 2020, Sabtu (4/12/2021) (tangkapan layar zoom Piala AFF 2020)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberi respons tak terduga mengenai keputusan wasit yang tidak menghadiahi penalti untuk timnya, setelah gelandang Ricky Kambuaya terlihat dilanggar di kotak terlarang pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Timnas Singapura yang dihelat di National Stadium Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB.

Keputusan wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon pada menit ke-77 memang jadi sorotan. Ricky yang menggiring bola di sisi kiri nampak dilanggar pemain Singapura, Nazrul Nazari sampai terjatuh.

Dalam tayangan ulang, terlihat insiden tersebut terjadi di area kotak penalti Singapura. Namun, wasit menganggap pelanggaran terjadi di luar kotak 16 sehingga hanya menghasilkan tendangan bebas untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Bukan Strategi, Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Hasil Imbang Lawan Singapura

Momen tersebut sendiri akhirnya gagal dimanfaatkan Indonesia lantaran sepakan bola mati Evan Dimas hanya membentur pagar hidup.

Terkait keputusan wasit asal Korea Selatan itu, Shin Tae-yong yang juga berkebangsaan Negeri Gingseng itu pun memberikan tanggapan. Alih-alih marah, dia memilih untuk menghargai setiap keputusan wasit.

"Saya belum menonton video tayangan ulangnya, jadi saya tidak tahu itu penalti atau bukan. Saya benar-benar tidak tahu dan tak bisa berkomentar," kata pelatih yang baru saja dijuluki 'Mourinho dari Asia' oleh media Malaysia itu, dalam sesi wawancara pasca laga Singapura vs Indonesia.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ganti Ezra Walian Meski Baru Main, Coach Timo: Gak Kerja

Namun, juru taktik Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia itu merasa apapun keputusan wasit, salah atau benar, harus dihormati. Sebab, hasil pertandingan tak bisa diubah.

"Apa pun itu, kalau memang wasit ambil keputusan yang salah di lapangan, kita harus tetap menghargai keputusannya. Hasilnya sudah didapat, yakni seri. Itu tak bisa diubah," tutur Shin Tae-yong.

Adapun Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Singapura di leg pertama ini. Gol skuad Garuda dicetak Witan Sulaeman pada menit ke-28 di babak pertama.

Baca Juga:
Singapura Tahan Imbang Indonesia 1-1 di Leg Pertama Semifinal Piala AFF

Sementara gol penyama kedudukan untuk Singapura lahir di babak kedua di menit ke-70 lewat sepakan Ikhsan Fandi yang tak mampu dibendung kiper Nadeo Argawinata.

Kedua tim akan kembali berhadapan dalam leg kedua semifinal Piala AFF pada 25 Desember nanti di venue yang sama.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Baca Juga:
Momen Kerja Sama Asnawi dan Witan Sulaeman Bawa Timnas Ungguli Singapura

Load More