Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi, berselebrasi usai menjebol gawang Myanmar pada laga pembuka Piala AFF 2020, Minggu (6/12/2021). (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia tampaknya harus menghindari pelanggaran-pelanggaran di arena dekat kotak penalti ketika menghadapi Singapura pada laga semifinal Piala AFF 2020. Sebab, mereka kerap memanfaatkan situasi set-piece menjadi gol.

Timnas Singapura sejauh ini telah mencetak tujuh gol di fase grup yang tiga diantaranya terlahir lewat set-piece menggunakan sundulan mematikan untuk penyelesaian akhir.

Tim asuhan Tatsuma Yoshida telah menunjukan kelihaian mereka melakukan duel udara sejak memainkan laga perdana penyisihan Grup A kontra Myanmar pada 5 Desember lalu.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Sebut Pemain Timnas Kelelahan Jelang Hadapi Singapura

Saat itu, timnas Singapura berhasil menang telak 3-0 yang mana dua gol mereka lahir lewat skema set-piece yang diakhir sundulan terukur.

Dalam laga tersebut, dua gol sundulan Singapura ke gawang Myanmar dicetak Safuwan Baharudin dan Ikhsan Fandi.

Teror duel udara Singapura kemudian berlanjut di laga kedua. Saat menang 2-1 atas Filipina pada 8 Desember, mereka menciptakan satu gol lewat sundulan Hariss Harun.

Baca Juga:
Sabreena Dressler dan 4 Pemain Lain Dipulangkan dari TC Timnas Indonesia

Catatan itu menjadi gambaran bahwa tim asuhan Tatsuma Yoshida memiliki keunggulan dalam skema bola mati khususnya duel udara.

Hal itu harus diwaspadai timnas Indonesia, meskipun merujuk statistik, Skuad Garuda turut memiliki kemampuan duel udara yang sama baiknya dari Singapura.

Baca Juga:
Jelang Lawan Thailand, Timnas Vietnam Merasa Haknya Dirampas Panitia

Dari 13 gol yang dicetak timnas Indonesia, tiga diantaranya terlahir lewat sundulan terukur. Semua gol sundulan itu juga berawal dari skema bola mati tepatnya tendangan sudut.

Dua gol sundulan timnas Indonesia di fase grup terjadi saat mengalahkan Kamboja 4-2 pada 9 Desember lalu. Kedua gol itu diciptakan gelandang bertahan Rachmat Irianto.

Lalu satu gol sundulan lainnya diciptakan Indonesia saat mengalahkan Malaysia 4-1 pada 19 Desember lalu. Gol itu dilesakan Elkan Baggott memanfaatkan sepak pojok Evan Dimas delapan menit jelang bubaran.

Baca Juga:
Dibenci Warga Rusia, Khabib: Tidak Ada Nabi di Negaranya Sendiri!

Melihat statistik tersebut, duel timnas Indonesia vs Singapura dalam laga semifinal Piala AFF 2020 jadi kian menarik. Kedua tim sama-sama memiliki senjata serupa untuk menjebol gawang lawan.

Pertandingan antara dua tim yang paling banyak mencetak gol sundulan di fase grup Piala AFF 2020 ini akan berlangsung dalam format dua leg.

Kedua laga semifinal bakal bergulir di Stadion Nasional Singapura pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021).

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More