Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Piala AFF 2020 berlanjut ke babak semifinal setelah 4 kontestan dipastikan mendapatkan tiket ke fase gugur turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Adalah Timnas Indonesia, Vietnam, Thailand, dan tuan rumah Singapura yang berhasil menggenggam tiket ke semifinal Piala AFF 2020.

Untuk Timnas Indonesia, kepastian meraih tiket semifinal didapatkan usai mengalahkan Malaysia 4-1 di laga pemungkas Grup B, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Baca Juga:
5 Karakter Terpuji Shin Tae-yong, Anti Sesumbar dan Selalu Puji Lawan

Bertanding di National Stadium, Singapura, Indonesia sempat tertinggal lebih dulu di menit ke-13. Namun, 'Skuad Garuda' mampu membalas 4 gol masing-masing dari brace Irfan Jaya, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott.

Hasil ini membuat skuat arahan Shin Tae-yong tersebut memuncaki klasemen Grup B dengan 10 poin, sedangkan Malaysia harus gigit jari karena hanya menduduki posisi ketiga klasemen akhir.

Vietnam lantas menemani Indonesia ke semifinal dengan status runner-up. Meski menang 4-0 atas Kamboja dan punya poin yang sama dengan Indonesia, Vietnam kalah produktivitas gol.

Baca Juga:
Pratama Arhan Luar Biasa Lawan Malaysia, Netizen: Andy Robertson Indonesia

Dengan hasil ini, Indonesia bakal menghadapi Singapura yang berstatus runner-up Grup A, sementara Vietnam harus melawan Thailand yang jadi juara Grup A.

Perjuangan Evan Dimas dan kolega jelas masih panjang, semifinal Piala AFF 2020 akan digelar dalam format dua leg.

Berdasarkan regulasi dari Piala AFF 2020, aturan gol tandang tak akan diberlakukan dalam format turnamen yang terpusat ini.

Baca Juga:
Elkan Baggott Dinilai Lebih Baik dari Dion Cools yang Pernah Lawan Mo Salah

Jika pertandingan sama kuat setelah dua leg, maka laga semifinal akan dilanjutkan hingga ke babak tambahan waktu.

Jika kedudukan tak berubah dan masih terus imbang sampai akhir babak tambahan waktu, maka pemenang akan ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Berikut jadwal semifinal Piala AFF 2020:

Baca Juga:
Jilat Ludah Sendiri, Safee Sali: Selamat Garuda, Kami Harus Akui Kekalahan

Leg 1

Rabu (22/12/2021) Pukul 19:30 WIB
Singapura vs Indonesia

Kamis (23/12/2021) Pukul 19:30 WIB
Vietnam vs Thailand

Leg 2

Sabtu (25/12/2021) Pukul 19:30 WIB
Indonesia vs Singapura

Minggu (26/12/2021) Pukul 19:30 WIB
Thailand vs Singapura

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More