Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Progres dari hadirnya Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia mulai menunjukkan hasil positif. Teranyar, Indonesia berhasil meloloskan diri ke semifinal Piala AFF 2020.

Semakin ciamik capaian ini karena Indonesia lolos dengan status juara Grup B usai mengalahkan Malaysia 4-1, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Indonesia akan menghadapi Singapura pada semifinal yang dijadwalkan berlangsung dua leg yaitu pertemuan pertama pada Rabu (22/12) pukul 19:30 WIB dan pertemuan kedua pada Sabtu (25/12) pukul 19:30 WIB.

Baca Juga:
Pratama Arhan Luar Biasa Lawan Malaysia, Netizen: Andy Robertson Indonesia

Suksesnya Indonesia ke semifinal sekaligus membungkam segala kritik di awal turnamen. Disebut bahwa Indonesia tak akan bisa berbuat banyak dengan skuat yang didominasi pemain muda dan minim pengalaman.

Shin Tae-yong nyatanya mampu membawa Indonesia tampil ciamik sepanjang babak grup. Meski begitu, Shin Tae-yong menunjukkan karakter rendah hati dan sangat profesional sepanjang turnamen. Berikut ulasannya.

1. Tak Mau Sesumbar Juara

Baca Juga:
Elkan Baggott Dinilai Lebih Baik dari Dion Cools yang Pernah Lawan Mo Salah

Shin tak sesumbar bisa membawa Indonesia menjuarai Piala AFF 2020 sejak awal kompetisi. Dia mengaku Indonesia ada di grup yang sulit dan akan sulit membawa pulang trofi.

Meski begitu, Shin tetap menjamin Indonesia akan tampil semaksimal mungkin di setiap pertandingan. Ini dibuktikan dengan belum pernah kalahnya Indonesia sejauh kompetisi berjalan.

2. Tak Remehkan Lawan

Baca Juga:
Jilat Ludah Sendiri, Safee Sali: Selamat Garuda, Kami Harus Akui Kekalahan

Secara hitung-hitungan di atas kertas, Indonesia jauh dinggulkan di atas Kamboja. Namun, Shin Tae-yong enggan meremehkan lawan.

Pelatih asal Korea Selatan itu justru memuji Kamboja dan menganggap Kamboja bisa menjadi ancaman. Setelah memuji lawannya itu, Indonesia menghempaskan Kamboja 4-2.

3. Puji Vietnam

Baca Juga:
Ranking FIFA Terbaru Indonesia usai Bantai Malaysia 4-1, Langsung Naik!

Jelang duel melawan Vietnam di matchday ketiga Grup B, Shin Tae-yong mengakui bahwa Vietnam merupakan tim terkuat saat ini di Asia Tenggara.

Shin pun menunjukkan dirinya yang jenius dalam meramu taktik dengan mampu membawa Indonesia menahan imbang Vietnam tanpa gol.

4. Memuji Malaysia

Sebelum laga krusial melawan Malaysia, Shin Tae-yong melontarkan pujian alih-alih psywar kepada kubu lawan. Dia menyebut Malaysia lebih kuat dibandingkan Indonesia.

Namun, Shin yang berpesan untuk memperkuat mental kepada para pemain mampu membawa Indonesia menumbangkan Malaysia dengan skor telak 4-1.

5. Jujur Tapi Tak Merendahkan

Shin Tae-yong menunjukkan sikap terpuji saat Indonesia akan menghadapi Laos di babak grup. Shin menyebut Laos sebagai tim paling lemah, namun tidak sesumbar atau merendahkan calon lawannya.

Shin dengan jujur menyebut bahwa Laos merupakan tim terlemah di Grup B dan optimis bisa meraih kemenangan. Hasilnya, Indonesia mampu menang dengan skor 5-1.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More