Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Elkan Baggott usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Bek yang berkarier di Eropa, Elkan Baggott, sukses menunjukkan sinarnya dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia. Ia pun dianggap lebih baik ketimbang bek Eropa milik Malaysia, Dion Cools.

Sebelum pertandingan, nama Dion Cools yang saat ini bermain untuk tim asal Denmark, Midtjylland jelas lebih mentereng dibandingkan Elkan Baggott.

Midtjylland adalah klub Liga Denmark yang kerap tampil di Liga Champions dan Liga Europa. Predikat itu membuat Dion Cools dianggap punya prospek yang lebih baik.

Baca Juga:
Jilat Ludah Sendiri, Safee Sali: Selamat Garuda, Kami Harus Akui Kekalahan

Namun dalam laga timnas Indonesia vs Malaysia, segala pernak-pernik yang disematkan kepada pemain 25 tahun itu seakan runtuh. Dion Cools gagal membantu pertahanan Malaysia tampil solid.

Dalam misi harus menang atas timnas Indonesia, Dion Cools dan kawan-kawan justru tampil buruk hingga Malaysia kalah 1-4 dari timnas Indonesia.

Saat Dion Cools disorot karena performanya yang tak menonjol, Elkan Baggott justru muncul sebagai salah satu pahlawan kemenangan tim Merah Putih.

Baca Juga:
Ranking FIFA Terbaru Indonesia usai Bantai Malaysia 4-1, Langsung Naik!

Dion Cools tiba di Singapura untuk bela Malaysia. (Instagram/famalaysia)

Elkan yang saat ini tampil bersama tim League One (kompetisi kasta ketiga Liga Inggris), Ipswich Town, sukses mencetak gol keempat timnas Indonesia setelah masuk dari bangku cadangan.

Gol Elkan Baggott begitu berarti bagi timnas Indonesia sehingga mampu mempertahankan posisi puncak klasemen dengan menjaga keunggulan selisih gol dari Vietnam di Grup B.

Pasca laga, media sosial pun dibanjiri oleh komentar warganet yang membanding-bandingkan performa Dion Cools dengan Elkan Baggott dalam matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) itu.

Baca Juga:
Sempat Tertinggal, Shin Tae-yong Puji Mental Indonesia saat Hajar Malaysia

Banyak yang menganggap Elkan Baggott tampil jauh lebih baik dari Dion yang dalam kariernya juga sempat membela Club Brugge dan turut tampil di Liga Champions.

"Dion Cools terbang dari Denmark ke Singapura cuma untuk mengikuti sesi latihan timnas Indonesia," tulis akun @hendyekaa di Twitter, Senin (20/12/2021).

"Dion Cools out, Elkan Baggott in," tulis @kariatb mengomentari cuitan FC Midtjylland yang mengumumkan Dion Cools menjadi starter untuk Malaysia sebelum laga terakhir Grup B.

Baca Juga:
Bikin Trenyuh, Alasan Shin Tae-yong Selalu Berdiri ketika Timnas Bertanding

"Hanya karena dia bermain di Liga Europa dan Liga Champions, Dion Cools bukanlah tuhan. Dia cuma pesepakbola yang punya kemampuan tampil sebagai bek. Secara teknis dia berbakat, tapi dirinya sendiri tak cukup untuk membawa kita menang. Timnas Malaysia bermain buruk," tulis @avineshW90.

Kekalahan Malaysia dari Indonesia di laga ini membuat Harimau Malaya tersingkir dari Piala AFF 2020. Sebaliknya, raupan poin penuh membuat Skuad Garuda berhasil melaju ke semifinal dengan status juara Grup B, mengungguli Vietnam selaku runner-up.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More