Irwan Febri Rialdi
Legenda Malaysia, Safee Sali remehkan timnas Indonesia di Piala AFF. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN MOHD RASFAN / AFP)

Bolatimes.com - Eks striker Timnas Malaysia, Safee Sali, menelan ludah sendiri usai negaranya dibantai Indonesia 4-1. Sebelumnya, dia meremehkan skuat Garuda dengan menyebut Indonesia tak akan lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Timnas Malaysia kalah 1-4 dari timnas Indonesia dalam matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021).

Skuad Harimau Malaya yang membutuhkan kemenangan untuk bisa melaju ke semifinal Piala AFF 2020, pada akhirnya gagal mengemban misi. Mereka bahkan kalah telak dari Indonesia.

Baca Juga:
Ranking FIFA Terbaru Indonesia usai Bantai Malaysia 4-1, Langsung Naik!

Lewat Instagram, Safee Sali menarik kata-katanya yang sempat meremehkan skuad Garuda. Dia memuji kualitas permainan tim asuhan Shin Tae-yong sambil meminta Malaysia untuk berkaca dari kegagalan.

"Selamat Garuda. Kita harus mengakui kekalahan, Harimau Malaya harus melakukan post mortem apa pun masalahnya,” tulis Safee Sali lewat Instagram-nya, @SuperSafee10.

“Menurut saya sejak proyek naturalisasi diperkenalkan, ini adalah puncak dari permainan negara [Indonesia]."

Baca Juga:
Sempat Tertinggal, Shin Tae-yong Puji Mental Indonesia saat Hajar Malaysia

Pemain Malaysia Safee Sali menjebol gawang Laos dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil (28/11/2012). [AFP]

"Walaupun saya tidak bermain, tetap menjadi trending no. 1 di Twitter. Mungkin kalau saya main justru tidak trending," kelakarnya.

Sebelum Malaysia diobok-obok timnas Indonesia, Safee Sali sempat memprediksi dua tim yang akan lolos dari Grup B adalah Vietnam dan Malaysia. Indonesia disebutnya tak memiliki banyak pengalaman karena diisi para pemain muda.

“Ini adalah grup yang sulit, ketika Vietnam dan Malaysia berbagi grup yang sama dengan Indonesia, Laos dan Kamboja. Untuk memperebutkan posisi dua besar tidak hanya membutuhkan keahlian tetapi juga semangat juang,” kata Safee Sali dikutip dari media Vietnam, Zing News.

Baca Juga:
Bikin Trenyuh, Alasan Shin Tae-yong Selalu Berdiri ketika Timnas Bertanding

“Saya berharap Vietnam dan Malaysia akan terus berlanjut [ke semifinal Piala AFF 2020]. Indonesia membawa tim muda dan potensial ke turnamen ini, tetapi dibandingkan dengan para pesaingnya, para pemain muda itu masih kurang berpengalaman,” tambah mantan pemain Pelita Jaya tersebut.

Prediksi Safee Sali terbukti salah. Dua negara yang lolos dari Grup B justru timnas Indonesia dan Vietnam.

Skuad Garuda bahkan secara luar biasa mengakhiri babak penyisihan sebagai juara Grup B dengan koleksi 10 poin, setara Vietnam tetapi unggul selisih gol.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkap Alasan Gemar Ganti-ganti Formasi di Piala AFF 2020

Di semifinal, timnas Indonesia selaku juara grup akan berhadapan dengan runner-up Grup A yakni Singapura. Sementara Vietnam berjumpa Thailand.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More