Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia selebrasi saat mencetak gol ke gawang Myanmar di laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dan Malayia memiliki sejarah panjang dalam dunia sepak bola. Dua negara serumpun ini merupakan rival abadi di lapangan hijau.

Rivalitas Indonesia dan Malaysia akan kembali hadir di laga terakhir grup B Piala AFF 2020. Tak tanggung-tanggung, rivalitas keduanya di laga nanti akan dibumbui dengan perebutan tiket ke babak semifinal.

Saat ini, grup B Piala AFF 2020 masih membuka peluang bagi Indonesia, Malaysia dan Vietnam untuk melangkah ke babak semifinal.

Baca Juga:
Safawi Rasid, Mahkota JDT yang Sempat Digadang Main di Liga Champions

Untuk diketahui, Indonesia duduk di peringkat pertama dengan 7 poin dan disusul oleh Vietnam dengan jumlah poin yang sama. Sedangkan Malaysia ada di tempat ketiga dengan 6 poin.

Dengan satu laga tersisa, ketiga negara masih punya peluang. Dengan kemungkinan besar lolosnya Vietnam yang bertemu Kamboja di laga terakhir, maka satu tiket tersisa akan diperebutkan Indonesia dan Malaysia.

Indonesia sendiri hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal. Sedangkan Malaysia mau tak mau harus mencuri kemenangan dari rivalnya itu.

Baca Juga:
Solusi Jangka Pendek Penyakit Jantung Sergio Aguero, Jadu Faktor Pensiun

Dalam sejarahnya, baik Indonesia dan Malaysia terbilang seimbang saat berhadapan satu sama lain. Dalam 96 laga di berbagai ajang baik resmi maupun tidak.

Dari 96 laga itu, Indonesia mampu memenangi 39 laga di antaranya. Sedangkan Malaysia mampu memenangkan 36 laga dan 21 laga lainnya berakhir imbang.

Dengan Head to Head yang hampir sama kuat ini, Indonesia pun wajib waspada dengan kekuatan Malaysia di laga terakhir grup B Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Janji Dion Cools untuk Antarkan Malaysia Juara Piala AFF 2020

Meski demikian, Indonesia bisa saja menilik kembali catatan apik kala melawan Malaysia, di mana skuat Garuda mampu mengalahkan Harimau Malaya dengan skor meyakinkan.

Berikut sederet pertandingan kala Indonesia menumbangkan Malaysia dengan skor meyakinkan tersebut.

1. Indonesia 3-0 Malaysia (Friendly Match 2016)

Baca Juga:
Ngeri! Ada Virus Misterius yang Menggerogoti Tubuh Sergio Aguero

Tak hanya bertemu di ajang resmi, Indonesia dan Malaysia kerap berhadapan di laga persahabatan. Salah satunya terjadi pada 6 September 2016 di mana skuat Garuda mampu meraih kemenangan 3-0.

Di laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Indonesia berhasil mencetak 3 gol lewat Brace Boaz Solossa dan satu gol Irfan Bachdim.

2. Indonesia 5-1 Malaysia (Piala AFF 2010)

Pada gelaran Piala AFF 2010 lalu, Indonesia mampu mempermalukan Malaysia di SUGBK dengan kemenangan 5-1 di laga pertama di grup A

Saat itu, gawang Malaysia dibobol oleh Cristian Gonzales, M.Ridwan, Irfan Bachdim, Arif Suyono dan gol bunuh diri Mohd Asrarudin.

3. Indonesia 4-1 Malaysia (Piala AFF 2004)

Jauh sebelumnya, Indonesia dan Malaysia pernah bertemu di babak semifinal Piala AFF 2004. Kala itu, Harimau Malaya mampu membuat kejutan dengan menang 2-1 di leg pertama yang digelar di SUGBK, Jakarta.

Namun di leg kedua, Indonesia mampu membalas kekalahan di kandangnya sendiri dengan menjebol gawang Malaysia sebanyak empat kali lewat gol Ilham Jaya Kesuma, Kurniawan Dwi Yulianto, Charis Yulianto dan Boaz Solossa.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More