Irwan Febri Rialdi
Kushedya Hari Yudo saat tampil bersama Timnas Indonesia lawan Laos di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia belum sepenuhnya aman di Grup B Piala AFF 2020, meski saat ini bertengger sebagai pemuncak klasemen dengan 7 poin.

Penentuan lolos tidaknya Indonesia ke babak semifinal bakal ditentukan saat menghadapi Malaysia pada laga terakhir, Minggu (19/12/2021) pukul 19:30 WIB.

Malaysia sendiri saat ini menempati posisi ketiga di klasemen Grup B dengan 6 poin. Satu-satunya syarat untuk bisa melangkah ke semifinal, Malaysia harus bisa mengalahkan Indonesia.

Baca Juga:
3 Kunci Penting Timnas Indonesia untuk Menumbangkan Malaysia

Kondisi ini jelas menjadi beban yang berat buat Malaysia karena dituntut mengalahkan Indonesia. Namun, Indonesia bukan berarti bisa bersantai-santai dengan hanya mencari hasil imbang sebagai hasil minimal.

Lantas, syarat apa yang bisa terjadi untuk Indonesia jika ingin lolos ke semifinal Piala AFF 2020 saat menghadapi Malaysia di laga terakhir grup.

1. Menang Lawan Malaysia

Baca Juga:
Ditahan Imbang Indonesia, Pemain Vietnam Dihujat Netizen Negaranya Sendiri

Kemenangan jelas menjadi hal mutlak yang bisa membuat Indonesia lolos ke semifinal. Indonesia tinggal melihat hasil pertandingan Vietnam vs Kamboja untuk menentukan siapa yang menjadi juara dan runner-up grup.

Jika sama-sama menang, Indonesia dan Vietnam masin-masing mengumpulkan 10 poin. Indonesia unggul satu selisih gol (+6) dari Vietnam (5+).

2. Meraih Hasil Imbang

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Pemain Indonesia yang Sujud Syukur usai Hasil Imbang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, imbang merupakan hasil minimal yang bisa mengantarkan Timnas Indonesia menuju semifinal Piala AFF 2020.

Dengan tambahan satu poin, Indonesia akan mengumpulkan 8 poin dan tetap berada di atas Malaysia.

Hanya saja peluang menjuarai Grup B akan semakin kecil jika hanya meraih hasil imbang. Pasalnya, Vietnam sangat diunggulkan saat melawan Kamboja nanti.

Baca Juga:
Kejamnya Mikel Arteta, Cari Keuntungan saat Gabriel Martinelli Menderita

3. Jika Kalah dari Malaysia

Skenario terakhir ini harus bisa dihindari oleh Timnas Indonesia. Karena jika Indonesia kalah dari Malaysia, maka Indonesia harus bergantung pada hasil pertadingan lain

Ambil contoh jika kalah 0-1 dari Malaysia, maka Vietnam pun harus kalah dengan skor yang sama dari Kamboja.

Jika skenario ini yang terjadi, maka Indonesia tetap bisa lolos ke semifinal dengan status runnner-up. Sementara Malaysia jadi juara grup dan Vietnam gagal lolos ke semifinal.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More