Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, di Piala AFF 2010. (AFP/Adek Berry)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki memori yang indah apabila berbicara soal rekor pertemuannya dengan Malaysia sebelum duel keduanya pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020.

Pasalnya, timnas Indonesia pernah meraih kemenangan telak atas Malaysia sepanjang pertemuan keduanya di seluruh ajang.

Timnas Indonesia dan Malaysia memang menjadi dua tim yang sering bertemu. Pasalnya, catatan perjumpaan keduanya telah mencapai 96 pertandingan.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Malaysia, Saatnya Elkan Baggott

Dari catatan yang dihimpun dari 11v11, Indonesia sukses meraih 39 kemenangan, sedangkan Malaysia tercatat 36 kali menang. Adapun 21 laga lainnya berakhir seri.

Jumlah laga yang dimainkan antara Indonesia dan Malaysia ini memperlihatkan betapa sengitnya persaingan kedua tim di atas lapangan.

Menariknya, dari seluruh perjumpaan tersebut, timnas Indonesia pernah berpesta gol ke gawang Malaysia. Setidaknya ada tiga momen pembantaian yang pernah terjadi.

Baca Juga:
Gara-gara Hal Ini, Mees Hilgers Tak Ingin Buru-buru Bela Timnas Indonesia

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga kemenangan besar Indonesia atas Malaysia dalam sejarah pertemuan kedua tim.

1. Indonesia vs Malaysia (4-0)

Kemenangan terbesar pertama yang pernah diraih Indonesia atas Malaysia terjadi pada ajang SEA Games edisi 1997.

Baca Juga:
Antisipasi Lawan di Semifinal, Polking Tonton Laga Indonesia vs Vietnam

Saat itu, skuad Merah Putih yang berstatus sebagai tuan rumah berhasil menjegal Malaysia dengan skor yang cukup telak, yakni 4-0.

Dua dari empat gol timnas Indonesia pada waktu itu disumbangkan oleh Fakhri Husaini. Sementara itu, dua gol lainnya masing-masing dicetak Widodo Cahyono Putro dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Meskipun berstatus sebagai tuan rumah dan sempat pesta gol ke gawang Malaysia, Indonesia harus gigit jari di akhir karena gagal meraih emas.

Baca Juga:
Berjasa, Lewis Hamilton Dapat Gelar Bangsawan dari Kerajaan Inggris

Saat itu, mereka ditumbangkan Thailand pada partai final lewat drama adu penalti. Medali emas SEA Games 1997 pun melayang.

2. Malaysia vs Indonesia (0-6)

Pada edisi SEA Games selanjutnya, yakni tahun 1999, timnas Indonesia kembali meraih kemenangan besar saat berjumpa Malaysia.

Sebab, timnas Indonesia sukses menghantam Harimau Malaya enam gol tanpa balas pada SEA Games yang berlangsung di Brunei Darussalam itu.

Penyerang legendaris timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, yang baru saja mencatatkan debut menyumbang dua gol. Jumlah yang sama juga dicatatkan Rochi Putiray.

Sedangkan dua gol timnas Indonesia lainnya ke gawang Harimau Malaya saat itu dicetak oleh Harianto Prasetyo dan Ali Sunan.

3. Indonesia vs Malaysia (5-1)

Timnas Indonesia pernah menjadi tim yang sangat perkasa ketika mengawali kiprahnya pada ajang Piala AFF 2010.

Saat itu, timnas Indonesia sukses menjadi juara Grup A Piala AFF 2010 setelah menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan.

Salah satu kemenangan yang paling diingat tentu perjumpaan dengan Malaysia pada pertandingan pertama babak penyisihan grup.

Saat berjumpa Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, 1 Desember 2010, skuad Merah Putih sukses berpesta gol ke gawang Malaysia dengan skor 5-1.

Lima gol timnas Indonesia saat itu tercipta melalui gol bunuh diri Asraruddin (22’), Cristian Gonzales (33’), M Ridwan (52’), Arif Suyono (76’), dan Irfan Bachdim (90+4’).

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More