Rauhanda Riyantama
Elkan Baggott sudah mulai berlatih bersama Timnas Indonesia untuk laga kedua melawan Laos di Piala AFF 2020 (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Elkan Baggott kemungkinan besar absen di laga ketiga grup B Piala AFF 2020 karena harus menjalani karantina. Nyatanya, kondisi dipaksa karantina ini pernah dialami Indonesia di event olahraga lainnya, yakni All England 2021.

Elkan harus menjalani karantina dan berpeluang besar absen di laga penting Indonesia vs Vietnam. Pasalnya, ia dipaksa karantina selama lima hari.

Karantina yang harus dijalani bek andalan timnas Indonesia itu dikarenakan Elkan berada dalam satu pesawat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 saat terbang dari London ke Singapura.

Baca Juga:
Leeds Dihajar 7 Gol, Marcelo Bielsa Alami Kekalahan Terbesar

Padahal setelah tiba di Singapura, remaja berusia 19 tahun ini sempat tampil di laga Indonesia vs Laos pada Minggu (12/12/21) lalu.

Selain itu, Elkan juga dinyatakan negatif dalam tiga kali tes PCR. Dalam tes tersebut, bek Ipswich Town ini dinyatakan negatif atau terbebas dari Covid-19.

Meski demikian, aturan tetaplah aturan. Pemerintah Singapura mewajibkan turis yang datang harus menjalani karantina kesehatan ketika berada dalam satu pesawat dengan orang yang terinfeksi Covid-19.

Baca Juga:
Laura Anna Meninggal Dunia, Bos Rans Cilegon FC: We Love You

Apa yang diterima Elkan ini menjadi pukulan telak bagi Indonesia sehingga para pendukung tim nasional pun naik pitam dan menyerbu akun Instagram Piala AFF yakni AFF Suzuki Cup.

Terlihat kolom komentar dalam unggahan teranyar dipenuhi netizen Tanah Air yang mengutuk keputusan tersebut. Beberapa bahkan menyebut Piala AFF disusupi mafia.

Apa yang diterima Elkan ini nyatanya mengingatkan masyarakat Indonesia akan insiden All England 2021 di mana atlet bulu tangkis Tanah Air tak bisa berpartisipasi di ajang tersebut

Baca Juga:
Optimis Bungkam Vietnam, Irfan Jaya: Kami Pasti Bisa!

Dipaksa Mundur dari All England

Beberapa waktu lalu, atlet Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis tak bisa berpartisipasi di All England 2021 setelah berada dalam satu pesawat dengan penumpang yang terinfeksi Covid-19.

Berdasarkan aturan Badan Kesehatan Inggris (NHS), wakil Indonesia untuk ajang tersebut harus menjalani karantina selama 10 hari.

Baca Juga:
Man City Pesta Gol, Pep Guardiola Pecahkan Rekor Baru di Liga Inggris

Aturan ini membuat Badminton Lovers Tanah Air terhenyak. Pasalnya, para atlet Indonesia telah mengikuti serangkaian prosedur kesehatan yang ditetapkan pihak penyelenggara.

Beberapa pemain bahkan telah menjalani laga di babak pertama All England 2021. Namun karena regulasi tersebut, para atlet bulu tangkis Tanah Air harus mundur dan menjalani karantina.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More