Rauhanda Riyantama
Elkan Baggott sudah mulai berlatih bersama Timnas Indonesia untuk laga kedua melawan Laos di Piala AFF 2020 (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, dipaksa menjalani karantina usai dituduh satu pesawat dengan penumpang yang dinyatakan Covid-19. Mendengar kabar ini, PSSI terus melobi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura untuk memberikan kelonggaran.

PSSI melalui direktur teknik Indra Sjafri bersama perwakilan KBRI di Singapura masih terus bernegosiasi mengenai masalah ini dengan Kemenkes Singapura. Sampai dengan saat ini PSSI masih menunggu informasi selanjutnya.

Seperti diketahui, Elkan harus menjalani karantina hingga 18 Desember 2021 karena berada satu pesawat dengan penumpang yang terpapar varian Omicron Covid-19.

Baca Juga:
Hasil Liga Jerman Semalam: Bayern Munich Hajar Stuttgart 5-0

Namun, permasalahannya adalah surat pemberitahuan karantina baru diterima Elkan Baggott pada 13 Desember. Padahal, pemain Ipswich Town itu sudah berada di Singapura sejak 7 Desember lalu.

Tentu kabar ini tidak mengenakan bagi  Timnas Indonesia. Pasalnya, Elkan bakal absen saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam lanjutan Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021) malam nanti.

PSSI tetap berharap Elkan bisa bermain melawan Vietnam. Selain karena hasil tes PCR negatif, Piala AFF digelar dengan sistem bubble sehingga kecil peluangnya menular ke luar area yang ditentukan.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Man City Pesta 7 Gol Lawan Leeds United

"Timnas di sini juga mengikuti turnamen Piala AFF 2020 dengan sistem bubble. Tentu aktivitas tim hanya di hotel, lapangan dan stadion tempat bertanding," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dilansir dari Suara.com.

"Masuk ke Singapura juga tidak seperti warga umum lainnya karena menggunakan surat izin dari MTI (Ministry of Trade & Industry). Jadi kebijakan terhadap Elkan kami sayangkan."

"Apalagi baru diinfokan kemarin sore. Kami mohon agar Elkan tidak perlu dikarantina lagi dan dapat bermain melawan Vietnam," tambahnya.

Baca Juga:
Sesumbar, Park Hang-seo Tantang Timnas Indonesia Serang Vietnam Lewat Sayap

Senada dengan Iriawan, Indra Sjafri yang saat ini bersama Timnas Indonesia di Singapura menyayangkan keputusan karantina untuk Elkan Baggott. Apalagi, keputusan tersebut mendadak.

"Kenapa mendadak Elkan Baggott harus dikarantina? Dia sudah tiga kali menjalani tes PCR (hasil negatif) di sini serta sudah melakukan aktivitas bersama tim dan bermain melawan Laos," tandas Indra Sjafri.

Baca Juga:
Elkan Baggott Absen, Media Vietnam: Kerugian Besar bagi Shin Tae-yong

Load More