Irwan Febri Rialdi
Potret pemain Timnas Indonesia saat melawan Laos di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Lawan berat bakal dihadapi Timnas Indonesia pada lanjutan pertandingan Grup B Piala AFF 2020. Pasukan 'Garuda' dijadwalkan melawan Vietnam pada Rabu (15/12/2021) pukul 19:30 WIB.

Laga ini bakal menjadi sangat penting buat Evan Dimas dan kolega karena bisa memengaruhi peluang lolos ke fase selanjutnya.

Untuk sementara Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi 6 poin hasil dari dua kemenangan. Pertandingan nanti bakal menjadi penting untuk memastikan diri lolos ke semifinal.

Baca Juga:
Sering Adu Taktik, Ini Rekor Pertemuan Shin Tae-yong vs Park Hang-seo

Pertemuan terakhir Indonesia dengan Vietnam tak menguntungkan skuat arahan Shin Tae-yong. Indonesia dicukur 0-4 oleh Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam pun disorot oleh salah satu media Vietnam, Bongda. Lebih lanjut media tersebut menyoroti kelemahan dari skuat besutan Shin Tae-yong.

1. Pertahanan Indonesia Longgar

Baca Juga:
Mobil Rp 2,8 Miliar Wayne Rooney Jadi Kanvas Berjalan usai Langgar Aturan

Salah satu kelemahan yang bisa dieksplorasi oleh Vietnam menurut Bongda adalah sektor pertahanan yang dinilai rapuh dan longgar.

Ini dibuktikan dengan Indonesia selalu kebobolan di laga melawan Kamboja dan Laos. Terlebih, Shin Tae-yong selalu merotasi lini belakang Indonesia yang menjadi indikasi belum ditemukannya ramuan paling tepat.

2. Variasi Serangan Minim

Baca Juga:
Profil Nguyen Tuan Anh, Eks Yokohama FC Gelandang Andalan Vietnam di AFF

Indonesia dinilai tidak memiliki banyak variasi serangan yang bakal memudahkan Vietnam untuk membaca permainan Evan Dimas dan kolega di laga nanti.

Gelandang-gelandang Vitenam bakal aktif menjaga Ricky Kambuaya dan Evan Dimas yang merupakan motor serangan Indonesia.

3. Penurunan Performa di Akhir Laga

Baca Juga:
Gol Cantik Witan Sulaeman Masuk Nominasi Gol Terbaik Pekan Ketiga Piala AFF

Kondisi lain yang menonjol dalam dua pertandingan Indonesia di PIala AFF 2020 adalah permasalahan stamina pemain.

Para pemain Indonesia kerap kehilangan konsentrasi dan fokus menjelang babak pertama usai dan di penghujung babak kedua. Kondisi ini bisa dimanfaatkan Vietnam untuk mencuri kesempatan.

4. Pengalaman

Bongda juga menggarisbawahi pengalaman kompetisi yang dimiliki oleh para pemain Indonesia. Disebutkan bahwa skuat yang dibawa oleh Shin Tae-yong ke Piala AFF 2020 tak banyak memiliki pengalaman di kompetisi.

Shin memang banyak memanggil pemain muda dan pemain-pemain yang baru melakukan debut di Timnas Indonesia.

Minimnya pengalaman ini pun bisa dimanfaatkan Vietnam yang membawa banyak pemain dengan pengalaman mentas di ajang internasional.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More