Husna Rahmayunita
Striker Vietnam, Nguyen Chong Phuong, usai menjebol gawang Timnas Indonesia. (Dok. Soha)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal menghadapi ujian sesungguhnya di Piala AFF 2020. Evan Dimas dan kolega akan melawanTimnas Vietnam dalam lanjutan laga Grup B.

Dijadwalkan pertemuan antara Indonesia dan Vietnam akan tersaji pada Rabu (15/12/2021) pukul 19:30 malam WIB di Stadion Bishan, Singapura.

Ini bakal menjadi duel dua tim yang sama-sama belum terkalahkan di Grup B. Indonesia meraih kemenangan saat menghadapi Kamboja dan Laos.

Baca Juga:
Deretan Pelatih Top yang Belum Pernah Dipecat, Nomor 5 Peraih 3 Gelar UCL

Sementara itu, Vietnam yang dilatih oleh Park Han-seo, juga meraih hasil maksimal dengan menekuk Laos dan Malaysia.

Untuk sementara Vietnam memimpin klasemen Grup B dengan koleksi 6 poin. Indonesia yang sama-sama mengumpulkan 6 poin, berada di posisi kedua.

Vietnam unggul soal jumlah kemasukan karena belum pernah kebobolan dari dua laga, sementara Indonesia sudah kemasukan 3 gol.

Baca Juga:
Perhatian, Intip Momen Shin Tae-yong Balutkan Perban ke Kaki Pratama Arhan

Laga ini jelas bakal menjadi ujian berat buat pasukan Shin Tae-yong. Terlebih ada beberapa pemain Vietnam yang patut diwaspadai para pemain Timnas Indonesia.

1. Nguyen Tien Linh

Pemain bintang Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (kanan). [SONNY TUMBELAKA / AFP]

Nama Tien Lin sudah bersinar saat SEA Games 2019. Dirinya adalah renner-up top skor di ajang multievent se Asia Tenggara itu.

Baca Juga:
Sempat Beda Versi, Timnas Indonesia Puncaki Klasemen Grup B Piala AFF 2020

Di edisi Piala AFF ini, Tien Linh digadang-gadang akan menjadi kandidat pencetak gol terbanyak. Sebab, saat masih mentas bersama Becamex Binh Duong, ia sudah mencetak 6 gol dari 11 laga.

2. Nguyen Cong Phuong

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com).

Chong Phuong merupakan salah satu pemain andalan Vietnam. Kontribusinya memang tak main-main karena ikut andil di sejumlah kejuaraan dan membawa harum nama negaranya.

Baca Juga:
Baru Dibantai Vietnam, Pelatih Malaysia Alihkan Fokus ke Timnas Indonesia

Pertama ajang Piala Asia U-23 pada 2018. Ketika itu dirinya ikut mengantar Vietnam ke final. Kemudian ada medali emas SEA Games 2019, dan juara Piala AFF 2018.

Kualitas permainan dan ketajaman pemain berusia 26 tahun itu pun sudah dibuktikan dengan keberhasilan dia mencetak 2 gol sejauh ini buat Vietnam.

3. Nguyen Tuan Anh

Pemain Timnas Vietnam Nguyen Tuan Anh (kiri). (AFP/Chalinee THIRASUPA)

Selain lini depan yang berbahaya, Vietnam juga memiliki lini tengah yang solid dan kreatif. Terutama pada sosok bernama Nguyen Tuan Anh.

Gelandang serang berusia 26 tahun itu tampil ciamik di laga melawan Malaysia dengan mencatatkan 2 assist. Kemampuannya dalam mengalirkan bola bisa sangat berbahaya buat lini belakang Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More