Rauhanda Riyantama
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane tak mampu menutupi kekecewaan atas kekalahan Real Madrid dari Rayo Vallecano, Senin (29/4/2019) dini hari tadi. [BENJAMIN CREMEL / AFP]

Bolatimes.com - Hampir seluruh pelatih di sepak bola pernah merasakan pahitnya pemecatan. Namun, terdapat beberapa juru taktik yang belum atau bahkan tak pernah dilengserkan dari jabatannya.

Pekerjaan sebagai pelatih sepak bola bukanlah pekerjaan mudah. Bayangan pemecatan selalu hadir saat tim yang ditukangi tak mampu berprestasi ataupun tak memiliki performa yang baik.

Hampir di setiap klub-klub besar, pelatih menjadi kambing hitam saat sebuah tim gagal meraih gelar. Tak ayal, banyak pendukung sebuah kesebelasan rela menggalang kampanye agar pelatih yang menukangi timnya dipecat.

Baca Juga:
Perhatian, Intip Momen Shin Tae-yong Balutkan Perban ke Kaki Pratama Arhan

Pemecatan terhadap pelatih pun tak melulu soal kegagalan meraih prestasi. Bahkan ada beberapa pelatih yang harus merasakan pemecatan setelah menyumbangkan gelar.

Biasanya, pelatih yang telah menyumbangkan gelar dipecat karena tim yang ditukangi bermain di bawah performa standarnya.

Meski demikian, ada beberapa pelatih yang tak pernah merasakan pemecatan kendati tim yang ia asuh gagal meraih gelar ataupun tak tampil baik di ajang yang diikuti. Hebatnya, para pelatih ini merupakan pelatih top Eropa yang terbiasa menukangi tim-tim besar.

Baca Juga:
Sempat Beda Versi, Timnas Indonesia Puncaki Klasemen Grup B Piala AFF 2020

Lantas, siapa saja pelatih top Eropa yang belum pernah merasakan pemecatan itu? Berikut daftarnya.

1. Pep Guardiola

Pep Guardiola terlihat sedih usai gagal bawa Manchester City juara Liga Champions. (DAVID RAMOS / AFP / POOL)

Pep Guardiola tercatat telah menukangi 3 tim papan atas sepanjang karier kepelatihannya, yakni Barcelona, Bayern Munich dan Manchester City.

Baca Juga:
Baru Dibantai Vietnam, Pelatih Malaysia Alihkan Fokus ke Timnas Indonesia

Dalam kariernya hingga musim 2021/22 ini, belum pernah sekalipun Guardiola dipecat oleh ketiga klub yang pernah dan tengah ia asuh.

Padahal, Guardiola tercatat pernah gagal membawa timnya meraih gelar yakni pada musim 2016/17 saat pertama kali menukangi Man City. Terlihat kesabaran The Citizens di awal kariernya di Inggris itu berbuah manis hingga saat ini.

2. Jurgen Klopp

Baca Juga:
Kasus Pelecehan Eks Staf Pelatih Barcelona, Xavi Syok 60 Orang Jadi Korban

Jurgen Klopp di laga Manchester United vs Liverpool. (Oli SCARFF / AFP)

Rival Pep Guardiola di Premier League ini juga tak pernah merasakan pemecatan. Kebanyakan Jurgen Klopp mengundurkan diri dari jabatannya ketimbang mendapat surat pemberhentian.

Klopp sendiri telah menukangi tiga klub dalam karier kepelatihannya hingga saat ini, yakni Mainz 05, Borussia Dortmund dan Liverpool .

Terakhir kali Klopp mengundurkan diri yakni saat menukangi Mainz 05 di mana ia mundur di akhir musim 2007/08 atau setahun setelah timnya itu degradasi.

3. Diego Simeone

Diego Simeone di laga Atletico Madrid vs Liverpool. (JAVIER SORIANO / AFP)

Pelatih dengan bayaran termahal di dunia sepak bola saat ini ternyata juga belum pernah merasakan pemecatan sepanjang karier kepelatihannya.

Diego Simeone telah menukangi 7 klub berbeda dalam kariernya sebagai juru taktik. Namun, setiap klub yang ia tukangi urung memecatnya.

Malahan, Simeone mampu mengubah wajah Atletico Madrid menjadi tim papan atas dan penghancur dominasi Real Madrid serta Barcelona di kancah domestik.

Dengan kiprahnya itu, wajar jika Atletico Madrid menjadikan Simeone pelatih dengan bayaran termahal di dunia yakni sekitar Rp705 miliar per tahunnya.

4. Didier Deschamps

Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps nampak bahagia usai mengantar timnya mengalahkan Jerman di Euro 2020. (FRANCK FIFE / POOL / AFP)

Pelatih yang berhasil membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 ini juga tak pernah merasakan pemecatan sekalipun.

Padahal Didier Deschamps telah menukangi klub-klub papan atas seperti Juventus, AS Monaco, dan Olympique Marseille.

Rekam jejaknya saat bermain dan sebagai pelatih membuatnya mampu mempersembahkan 10 trofi bergengsi kepada tim yang pernah ia tukangi itu.

5. Zinedine Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (Javier Soriano/AFP)

Zinedine Zidane dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di jagat sepak bola saat ini. Dengan minimnya pengalaman, ia mampu membuat Real Madrid mencetak sejarah dengan menjuarai Liga Champion 3 kali berturut-turut.

Dalam karier kepelatihannya, Zidane hanya menukangi Real Madrid sebanyak dua kali. Di klub sebesar Los Blancos yang akrab dengan pemecatan, nyatanya ia tak pernah dipecat.

Dalam dua periode di Real Madrid tersebut, Zidane memilih mengundurkan diri yakni di akhir musim 2017/18 dan akhir musim 2020/21.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More