Rabu, 06 Juli 2022
Irwan Febri Rialdi : Jum'at, 10 Desember 2021 | 10:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Sejumlah pemain timnas Indonesia dinilai tampil kurang maksimal saat bertanding melawan Kamboja pada laga pertama Grup A Piala AFF 2020.

Dalam duel yang digelar di Bishan Stadium, Kamis (9/12/2021) itu, pemain-pemain ini memang tak terlalu memberikan banyak kontribusi untuk timnas Indonesia.

Meskipun demikian, timnas Indonesia tetap berhasil meraih kemenangan seusai menundukkan Kamboja dengan skor 4-2.

Dua dari empat gol skuad Merah Putih dicatat oleh Rachmat Irianto, yakni pada menit ke-4 dan 33’, sedangkan dua gol lain dicetak Evan Dimas (18’) dan Ramai Rumakiek (55’).

Adapun dua gol balasan tim lawan disumbangkan oleh Ye Safy (38’) dan Prak Mony Udom pada menit ke-66.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain timnas Indonesia yang tampil kurang impresif saat hadapi Kamboja.

1. Ryuji Utomo

Bek Timnas Indonesia, Ryuji Utomo. (Dok. PSSI)

Ryuji Utomo memang tampil sejak menit pertama saat Indonesia berjumpa Kamboja pada laga pertama Grup A Piala AFF 2020.
Dia dipasang bersama dengan bek muda Alfeandra Dewangga untuk menjaga jantung pertahanan skuad Merah Putih.

Namun, minimnya kontribusi Ryuji selama babak pertama memang terhitung minim. Itulah sebabnya, Shin Tae-yong menarik keluar bek Pahang FA ini pada awal babak kedua.

2. Victor Igbonefo

Pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo saat berlatih bersama Timnas Indonesia (dok. PSSI).

Di sektor jantung pertahanan, masih ada satu pemain lain yang dinilai underperform, yakni Victor Igbonefo.

Bek naturalisasi milik Persib Bandung ini juga dinilai gagal memberikan keamanan bagi Syahrul Trisna Fadillah di bawah mistar gawang.

Beberapa kali, Igbonefo gagal mengantisipasi pergerakan para penyerang Kamboja yang menyebabkan situasi berbahaya di sektor lini pertahanan.

3. Ezra Walian

Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)

Ezra Walian menjadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong saat timnas Indonesia melakoni pertandingan pertamanya di Grup A Piala AFF 2020.

Dari sebelas nama yang tampil sejak awal, Ezra Walian muncul sebagai juru gedor timnas Indonesia. Dipercaya tampil sebagai starter.

Sebetulnya, Ezra Walian mencatatkan sejumlah peluang emas untuk mencetak gol selama penampilannya yang berdurasi 84 di atas lapangan.

Namun, sayangnya striker naturalisasi asal Persib Bandung ini gagal memaksimalkannya dengan baik. Tak ada satu pun peluang yang sukses dikonversi menjadi gol.

4. Witan Sulaeman

Pesepak bola timnas U-23 Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola U-23 Iran Mohammad Mioslemipour (kanan) dalam laga persahabatan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/11/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Salah satu pemain yang mendapatkan kesempatan tampil penuh saat timnas Indonesia menghadapi Kamboja ialah Witan Sulaeman.

Pasalnya, pemain yang kini berkarier bersama klub asal Polandia, Lechia Gdansk, itu tampil tak tergantikan di atas lapangan.

Sayangnya, kontribusi Witan masih jauh dari harapan. Dia belum mampu memaksimalkan peluang yang didapat untuk menambah keunggulan timnas Indonesia.

5. Irfan Jaya

Irfan Jaya mendapat kesempatan tampil sejak menit awal saat namanya masuk dalam daftar pemain sebelas pertama timnas Indonesia.

Dia beroperasi di sektor sayap kiri skuad Garuda dan bertugas untuk melakukan penetrasi ke jantung pertahanan lawan.

Akan tetapi, Irfan Jaya belum memberikan banyak kontribusi untuk timnas Indonesia. Dia masih kesulitan untuk menciptakan peluang.

Akhirnya, Shin Tae-yong menariknya keluar pada awal babak pertama. Pemain PSS Sleman ini digantikan oleh Ramai Rumakiek.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

Ada Hokky Caraka, Berikut 5 Pemain Timnas Indonesia yang Cetak Gol Terbanyak di Era Shin Tae-yong