Irwan Febri Rialdi
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain timnas Indonesia sukses mencatatkan performa impresif saat menumbangkan perlawanan Kamboja pada pertandingan pertamanya di Grup A Piala AFF 2020.
Pada laga yang berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) itu, pemain-pemain ini berjasa besar membawa timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja.

Ini menjadi kemenangan penting bagi timnas Indonesia untuk menjaga peluang lolos dari fase penyisihan dan melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020.

Pada laga pertama ini, ada empat nama pemain timnas Indonesia yang sukses membayar lunas kepercayaan pelatih Shin Tae-yong.

Mayoritas pemain-pemain ini juga sudah diturunkan sejak menit awal. Kontribusi mereka juga langsung terasa, baik dari segi permainan maupun hasil yang diperoleh.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pemain timnas Indonesia yang tampil impresif ketika bertanding melawan Kamboja pada laga pertama Grup A Piala AFF 2020.

1. Ricky Kambuaya

Gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Taiwan dalam laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. [PSSI]

Performa Ricky Kambuaya di sektor lini tengah timnas Indonesia sangat penting. Sebab, gelandang Persebaya Surabaya ini mampu menjalankan perannya dengan baik.

Ricky Kambuaya beberapa kali mengalirkan bola ke area-area berbahaya yang membuka peluang timnas Indonesia untuk mencetak gol.

Salah satu yang berhasil ialah operannya kepada Ramai Melvin Rumakiek yang sukses dikonversi menjadi gol. Satu assist ini membuahkan gol keempat untuk timnas Indonesia.

2. Ramai Rumakiek

Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, di Bandara Tajikistan. (Dok. PSSI)

Meskipun masih berusia 19 tahun, Ramai Melvin Rumakiek mampu menampilkan performa impresif saat diberi kepercayaan pelatih Shin Tae-yong.

Pemain asal Persipura Jayapura ini tampil pada awal babak kedua menggantikan Irfan Jaya yang dinilai kurang berkontribusi.

Kepercayaan ini sukses dibayar lunas oleh Ramai. Sebab, dia berhasil memaksimalkan servis matang Ricky Kambuaya pada menit ke-55.

Sepakan kerasnya dari sisi kiri penyerangan sukses menghujam jala gawang lawan dan menambah keunggulan timnas Indonesia.

3. Rachmat Irianto

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Rachmat Irianto menjadi salah satu bintang kemenangan timnas Indonesia atas Kamboja saat menjalani pertandingan pertama di Grup A Piala AFF 2020.

Gelandang bertahan asal Persebaya Surabaya ini sukses melesakkan dua gol untuk skuad Merah Putih. Semuanya berasal dari kepalanya.

Kedua gol Rian, sapaan akrabnya, tercipta melalui skema sepakan pojok. Gol pertama lahir melalui servis Evan Dimas, sedangkan gol kedua dari umpan Pratama Arhan.

Dua gol tersebut dicetak pemain berusia 22 tahun ini masing-masing pada menit ke-4 dan 33’

Selain itu, Rian juga mencatat jumlah passing tertinggi di antara seluruh pemain yang tampil pada pertandingan tersebut. Sebab, operan suksesnya mencapai 37.

Rian juga beberapa kali melakukan peran penting dalam mematahkan alur serangan pemain Kamboja yang berupaya menusuk ke jantung pertahanan timnas Indonesia.

4. Evan Dimas Darmono

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Evan Dimas Darmono menjadi salah satu pemain senior yang memiliki peran sangat vital di skuad timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020, terutama saat bertanding melawan Kamboja.

Bermain sejak menit awal, Evan Dimas yang berstatus sebagai kapten tim bertugas untuk menjadi motor serangan skuad Garuda di lini tengah.

Kontribusi pemain Bhayangkara FC ini langsung terasa pada awal laga. Sepakan sudutnya pada menit keempat sukses ditanduk oleh Rachmat Irianto hingga menggetarkan jala gawang lawan.

Selain satu assist tersebut, pemain berusia 26 tahun ini juga berhasil mencetak gol kedua timnas Indonesia pada menit ke-18.

Evan sukses melepaskan sepakan menyilang yang tak mampu dihalau pemain bertahan maupun kiper timnas Kamboja.

Kontribusi penting yang dicatat Evan Dimas juga terlihat dari jumlah operan sukses. Aspek ini sangat penting dalam mendistribusikan bola menuju berbagai penjuru lapangan.

Sepanjang tampil selama 72 menit, Evan Dimas mencatatkan 32 umpan sukses. Ini termasuk angka tertinggi pada pertandingan tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More