Rauhanda Riyantama
Rachmat Irianto saat tampil bersama Timnas Indonesia U-23. (Instagram/rachmatirianto)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan perdana di Piala AFF 2020. Skuat Garuda baru saja melumat Kamboja dengan skor 4-2 dalam laga Grup B di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB.

Adalah Rachmat Irianto yang membuka keran gol Indonesia. Pemain Persebaya Surabaya itu mencetak gol lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok dari Evan Dimas menit ke-4.

Kemudian Evan Dimas mencetak gol sekaligus membuat skor menjadi 2-0 pada menit ke-17. Sepakan pemain Bhayangkara FC itu tidak bisa dimentahkan kiper Kamboja karena bola mengarah ke pojok gawang.

Baca Juga:
Safawi Rasid Jadi Pemain Pertama yang Cetak Hattrick di Piala AFF 2020

Irianto kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-33. Sama seperti gol pertamanya, penggawa Persebaya Surabaya itu membobol gawang Kamboja lewat sundulan umpan dari Pratama Arhan.

Timnas Indonesia kecolongan pada menit ke-37. Yue Safy berhasil membobol gawang Syahrul Trisna setelah sundulannya umpan dari tendangan penjuru tak bisa dipatahkan.

Skor 1-3 membuat Kamboja kian percaya diri. Di menit-menit akhir jelang babak pertama selesai, Kamboja menekan pertahanan Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Cerita Ralf Rangnick saat Jadi Bulan-bulan Ferguson di Liga Champions

Di babak kedua, Timnas Indonesia kembali menekan Kamboja. Di menit-menit awal tim asuhan Ryu Hirose cukup kerepotan menjaga Ezra Walian dan kawan-kawan.

Terbukti Timnas Indonesia mengubah skor menjadi 4-1 di menit ke 54. Umpan manis dari Ezra Walian bisa diselesaikan dengan baik ke dalam gawang Kamboja oleh Ramai Rumakiek.

Skor menjadi 2-4 pada menit ke-60. Sepakan free-kick pemain Kamboja, Prak Mony Udom yang sempat mengenai pagar hidup gagal ditepis oleh Syahrul Trisna.

Baca Juga:
3 Pemain Hebat yang Diorbitkan Ralf Rangnick, No 1 Jadi Andalan Liverpool

Setelah berhasil mencetak gol, Kamboja beberapa kali membahayakan gawang Timnas Indonesia. Untungnya lini belakang skuad Garuda bisa mengantisipasi dengan baik.

Banyak perubahan terjadi di babak kedua di kubu Kamboja. Timnas Indonesia dipaksa bertahan terutama di menit-menit akhir pertandingan.

Untungnya tidak ada tambahan gol yang tercipta hingga pertandingan selesai. Timnas Indonesia menang dengan skor 4-2.

Baca Juga:
Susunan Pemain Timnas Indonesia Lawan Kamboja: Ezra dan Witan Starter

Dengan kemenangan ini Timnas Indonesia menempati posisi dua klasemen sementara Grup B dengan perolehan tiga poin dari satu laga. Selisih tiga angka dengan Malaysia yang menempati puncak klasemen setelah memetik kemenangan di dua laga.

Perolehan poin Indonesia sama dengan yang dikumpulkan oleh Vietnam yang juga baru bermain satu kali. Sementara Kamboja ada di posisi keempat dengan 0 poin. Disusul Laos yang juga belum mendulang poin.

Susunan pemain

Timnas Indonesia (4-2-3-1); Syahrul Trisna; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Ryuji Utomo, Pratama Arhan (Edo Febriansyah 41'); Rachmat Irianto, Evan Dimas; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Ezra Walian.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Kamboja (4-3-3); Hul Kimhuy; Saret Krya, Yue Safy, Tes Sambath, Sath Rosib; Min Ratanak, Lim Pisoth, Nean Sosidan; Sieng Chanthea, Keo Sokpheng, Chan Vathanaka.

Pelatih: Ryu Hirose (Jepang).

Load More