Rauhanda Riyantama
Suporter Persija Jakarta yang tergabung dalam The Jakmania melakukan gerakan koreografi saat mendukung timnya melawan Persela Lamongan dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/11/2018). Persija Jakarta mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-0. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Bolatimes.com - Kabar baik buat penggemar sepak bola Indonesia. Pemerintah telah mengizinkan hadirnya suporter mencapai 5.000 orang di pertandingan Liga 1 2021.

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Uji coba tersebut dilakukan pada satu pertandingan setiap minggunya. Jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion atau paling banyak 5 ribu orang.

Baca Juga:
Gasperini Sindir Manchester United: Tim Kuat Tapi Tidak Konsisten

Hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk ke stadion. Adapun pertandingan yang dilakukan uji coba dengan penonton ditentukan oleh PSSI dan PT LIB.

Kemudian, seluruh pemain, ofisial, kru media dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan.

Pelaksanaan kompetisi liga 1 dan liga 2 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan PSSI.

Baca Juga:
Bak Roket, Momen Gol Wahbi Khazri dari Jarak 60 Meter di Liga Prancis

Lebih lanjut, dalam Inmendagri 57/2021 juga dijelaskan bahwa kompetisi sepak bola Liga 1 dapat dilaksanakan maksimal 9 pertandingan dan kompetisi sepak bola Liga 2 dapat dilaksanakan maksimal 8 pertandingan setiap minggunya.

Ketentuan yang mesti diperhatikan yakni tempat penyelenggaraan hanya di wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3, level 2, dan level 1.

Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan.

Baca Juga:
Dirumorkan Pacaran, Manajer Bongkar Hubungan Anya Geraldine dan Sean Gelael

Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh supporter juga tidak diperbolehkan.

(Suara.com/Ria Rizki Nirmala Sari)

Baca Juga:
Video Aksi Brutal Suporter Gremio Rusak Stadion karena Tak Terima Kalah

Load More